Persiapan Keselamatan Mudik: Tes Urine Sopir dan Pemeriksaan Kendaraan di Karawang

- 3 April 2024, 19:50 WIB
Ilustrasi kendaraan untuk mudik./Pixels - Lé Minh
Ilustrasi kendaraan untuk mudik./Pixels - Lé Minh /

 

GALAMEDIANEWS - Sejumlah sopir yang akan bertugas mengantarkan pemudik menjelang Lebaran, menjalani tes urine dan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Satlantas dan Satnarkoba Polres Karawang pada Rabu, 4 April 2024.

Pemeriksaan ini juga melibatkan pengecekan kondisi kendaraan untuk memastikan keamanan di jalan.

Kegiatan ini pertama-tama dilakukan di sejumlah Perusahaan Otomotif (PO) di Kabupaten Karawang sebelum dilanjutkan di Terminal Klari, titik transit dan pemberangkatan pemudik, pada Kamis, 5 April 2024.

Baca Juga: Demi Terhindar dari Hukuman Liga Primer Inggris, Petinggi Chelsea Berencana Menjual Reece James

Kasatlantas Polres Karawang, Ajun Komisaris Luky Martono, menyatakan bahwa langkah ini diambil demi keselamatan para pemudik yang menggunakan layanan bus saat pulang kampung.

"Kami memeriksa baik sopir maupun kendaraannya di setiap PO untuk memastikan kelayakan dan keamanan," ujar Luky di PO Agramas, yang terletak di Jalan Arteri Karawang-Cikampek.

Pemeriksaan kendaraan mencakup berbagai aspek, mulai dari kaca, lampu, rem, kemudi, klakson, hingga roda.

Sementara para sopir tidak hanya diperiksa kesehatannya, tetapi juga pengaruh narkoba. Mereka juga diminta memaparkan pengalaman mereka, dengan syarat bahwa sopir yang baru berpengalaman satu atau dua bulan tidak diperkenankan untuk mengangkut pemudik karena dianggap berisiko.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Pikiran-Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x