Komisi VIII DPR RI Tekankan Pentingnya Pembinaan KBIHU Jabar

- 2 Oktober 2020, 14:18 WIB
/


GALAMEDIA - Meskipun pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M dibatalkan, pembinaan terhadap stake holders dan para jamaah haji Indonesia harus tetap dilaksanakan agar penyelenggaraan ibadah haji bisa semakin baik di masa yang akan datang.

“Kami ingin memastikan kualitas penyelenggaraan haji akan semakin baik dari tahun ke tahun berikutnya,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI H. Ace Hasan Syadzily saat memberikan pembinaan terhadap Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) yang dikoordinasikan oleh Kanwil Kemenag Jawa Barat di Hotel Grand Sunshine Soreang, Bandung, Jumat 2 Oktober 2020.

Menurut Ace, saat ini semua Kementerian mengalami realokasi anggaran dan refocussing program untuk penanggulangan Covid-19. Khusus untuk Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Komisi VIII DPR RI mendorong agar sisa anggaran yang tidak terpakai akibat pembatalan haji tidak hanya digunakan untuk penanggulangan Covid-19 tetapi juga pembinaan haji.

Baca Juga: Stop Lepas Masker Walau Hanya Sebentar Untuk Selfie, Bahaya Virus Corona Mengintai Anda

“Karena pembinaan ibadah haji juga penting,” ujar Ace sembari menyebutkan bahwa Dirjen PHU Kemenag tetap mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19 seperti melalui bantuan kepada rumah sakit yang dinaungi Kementerian Agama RI atau penggunaan asrama haji sebagai tempat isolasi bagi penderita Covid-19.

Ace yang juga Anggota DPR RI dari Dapil Jabar I (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) ini menerangkan, KBIHU memiliki peran yang penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terkait dengan pelaksanaan ibadah haji, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 110 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Oleh sebab itu, Ace mendorong Kementerian Agama Cq. Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah untuk terus melakukan pembinaan kepada para pemangku kepentingan ibadah haji, termasuk KBIHU.

Baca Juga: Batik Air Berikan Perhatian Khusus pada Penumpang Bayi di Masa Pandemi

“Inilah yang dilakukan oleh Komisi VIII DPR RI agar penyelenggaraan ibadah haji benar-benar aman, nyaman, tertib, lancar dan sesuai dengan syariat,” katanya didampingi Direktur Bina Haji Kemenag RI Khoirizi Dasir.

Dalam kesempatan itu, Ace juga menceritakan pengalamannya bertemu dengan Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, DR. Muhammad Saleh Benten, pada Februari 2020 lalu. Pada pertemuan itu Menteri Saleh Benten mengungkapkan bahwa jemaah haji Indonesia adalah jemaah haji terbaik di dunia.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x