Gempa Megathrust Berpotensi Mengguncang Garut, Wakil Bupati Minta Warganya Sabar dan Banyak Berdoa

- 2 Oktober 2020, 19:24 WIB
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman memberikan pengarahan kepada peserta rakor terkait gempa, di MA Ma'arif, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jumat 2 Oktober 2020. (Agus Somantri/Galamedia)
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman memberikan pengarahan kepada peserta rakor terkait gempa, di MA Ma'arif, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jumat 2 Oktober 2020. (Agus Somantri/Galamedia) /

GALAMEDIA - Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman meminta warganya untuk tetap tenang meski harus waspada terhadap gempa megathrust yang berpoptensi mengguncang Garut.

Hal itu disampaikan Helmi di hadapan camat dan kepala desa di wilayah pesisir Pantai Selatan, di Aula Madrasah Aliyah Al-Maarif, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jumat 2 Oktober 2020.

Para camat dan kepala desa berasal dari 7 Kecamatan dan 22 desa di wilayah selatan Garut. Yakni Kecamatan Cibalong (5 desa), Kecamatan Pameungpeuk (4 desa), Kecamatan Cikelet (4 desa), Kecamatan Mekarmukti (3 desa), Kecamatan Pakenjeng (1 desa), Kecamatan Bungbulang (1 desa) dan Kecamatan Caringin (4 desa).

Baca Juga: Publik Bikin Petisi Online Copot Menkes Terawan, Lebih dari 3 Ribu Orang Mendukung

Rapat tersebut digelar untuk menindaklanjuti hasil riset para ahli Institut Teknologi Bandung (ITB), yang memprediksi adanya potensi gempa bumi dengan Magnitudo 9,1 SR yang dapat memicu tsunami hingga 20 meter dari zona gempa bumi megathrust.

Helmi Budiman mengingatkan agar warganya tetap waspada akan adanya bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

"Untuk itu kita sebagai hamba-Nya harus tetap sabar, berdoa, tetap tenang dan waspada terhadap berbagai kemungkinan. Insyaallah ada hal baik yang Allah tetapkan untuk hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa," tutur dia.

Baca Juga: Ahli Penyakit Pernafasan: Donald Trump 90 Kali Lebih Mungkin Meninggal Akibat Covid-19

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Firman Karyadini kut memberikan edukasi melalui tayangan-tayangan tentang megathrust berikut asal muasal gempa megathrust itu.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x