Sampah Kota Bandung Terbanyak di TPA Sarimukti, Simak Penjelasan Kepala Dinas DLH Jabar

- 12 April 2024, 15:55 WIB
Foto TPA Sarimukti dari atas
Foto TPA Sarimukti dari atas /Humas Jabar


GALAMEDIANEWS - Sampah kerap menjadi masalah pada libur lebaran Idul Fitri setiap tahunnya. Tak hanya di masa lebaran, persoalan sampah kerap muncul di masa Ramadhan. Hal ini terjadi karena tingkat konsumsi masyarakat mengalami kecenderungan meningkat.

Namun demikian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Prima Mayaningtyas menyebut sampah dari kawasan Bandung Raya yang ditampung TPA Sarimukti, terkelola dengan baik selama Ramadhan.

"Bisa dibilang, selama Ramadhan tahun ini, sampah dari wilayah Bandung Raya yang ditampung di TPA Sarimukti ini bisa terkelola dengan baik," ujar Prima seperti dikutip Galamedianews dari Antara, Jumat 12 April 2024.

Ia menyebutkan, TPA Sarimukti telah menerima rata-rata 1.611,23 ton sampah atau sekitar 347 truk per hari dari wilayah Bandung Raya selama Ramadhan 2024.

Jumlah tersebut, jika ditotal dengan pembagian volume bagi semua wilayah Bandung Raya, yakni Kota Bandung dengan total tonase sebesar 32.807,35 ton, Kota Cimahi total tonase sebesar 4.066,47 ton, Kabupaten Bandung total tonase sebesar 5.669,64 ton, dan Kabupaten Bandung Barat total tonase sebesar 4.182,61 ton.

Baca Juga: Sampah Bandung Raya di TPK Sarimukti Terkelola Baik Selama Ramadan

"Jadi keseluruhan selama Ramadhan adalah total ritasi 10.065 truk, dengan total tonase sebanyak 46.726,06 ton," ucap Prima.

Prima juga menjelaskan dari data yang ada, Kota Bandung masih menempati urutan tertinggi volume sampah yang dibuang ke TPA Sarimukti, mengingat Kota Bandung merupakan metropolitan yang berpotensi menghasilkan sampah lebih banyak.

Baca Juga: Tangani Sampah Lebaran, Ini Strategi yang Dilakukan Kota Bandung

"Volume sampah dari Kota Bandung terbanyak, kedua dari Kabupaten Bandung, ketiga dari Kabupaten Bandung Barat, dan keempat dari Kota Cimahi," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah