Kawasan Hutan Lindung Gunung Cikuray Diusulkan Jadi Taman Nasional

- 5 Oktober 2020, 20:05 WIB
Gunung Cikuray
Gunung Cikuray /Penjelajah.com/

GALAMEDIA- Untuk menyelamatkan alam Gunung Cikuray dari kerusakan sangat serius dari awal tahun 2020, Konsorsium penyelamatan Cikuray (KPC) menggagas kawasan Gunung Cikuray menjadi taman nasional.

Koordinator KPC, Usep Ebit Mulyana, mengatakan gagasan Taman Nasional Gunung Cikuray dihasilkan dari berbagai proses seperti konsultasi kepada tokoh masyarakat sekitar hutan, para penggiat lingkungan dan para ahli yang konsen pada isue-isue lingkungan.

"Dari hasil kajian sementara, Gunung Cikuray memiliki kriteria yang memenuhi syarat untuk dijadikan taman nasional, dilihat dari luas kawasan, keanekaragaman khayati dan keunikan/keindahan alam yang mumpuni," ujarnya, Senin 5 September 2020.

Baca Juga: Viral, Pengunjung Berpose di Situs Keagamaan Karangkamulyan Bikin Geram Semua Pihak

Menurut Ebit, perubahan kawasan Gunung Cikuray dari hutan lindung menjadi taman nasional tentu akan memberi manfaat secara ekonomi, ekologi, dan estetika serta akan bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Karena akan sangat mungkin untuk dijadikan tempat Pendidikan dan penelitian sesuai dengan sejarah dan budaya yang berkembang sejak dahulu dengan adanya situs kabuyutan ciburuy yang memiliki banyak naskah kuno.

Ebit menyebutkan, ajuan perubahan menjadi taman nasional menjadi salah satu gagasan dalam rangka ikut terlibat mewujudkan misi Kabupaten Garut, terutama dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal dan industri pertanian serta pariwisata yang berdaya saing disertai pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Sebagaimana yang diketahui, terang Ebit, di daerah sekitar kawasan Gunung Cikuray dipenuhi dengan areal pertanian, perkebunan dan pariwisata yang menarik. engan adanya taman nasional, tentu akan menjadikan terintegrasinya pengelolaan dan pengembangan antar sektor tersebut. Selain itu, penambahan nilai jual kepariwisataan akan sangat meningkat, terlebih sejak awal Garut dikenal dengan kabupaten yang menarik untuk dikunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun internasional.

Baca Juga: Resensi Buku: Digitalisasi Perpajakan Indonesia

"Gagasan perubahan kawasan Gunung Cikuray menjadi taman nasional tentu sebuah upaya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, pembangunan berkelanjutan serta peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) serta meningkatkan citra Kabupaten Garut yang sesuai dengan peruntukan wilayah dalam perda tata ruang Jawa Barat sebagai daerah penyangga atau hinterland sehingga diamanahkan memiliki kawasan perlindungan yang luas," ucapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x