Terpapar Covid-19 Donald Trump Kekeuh Gelar Kampanye, Joe Biden: Jaga Tetanggamu

- 6 Oktober 2020, 13:35 WIB
Donald Trump kembali ke White House.
Donald Trump kembali ke White House. /Twitter @whitehouse/



GALAMEDIA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump keluar dari Rumah Sakit Militer Walter Reed pada hari Senin Oktober 2020, membawa Marine One kembali ke Gedung Putih.

Ia pun melepas masker meskipun terpapar Covid-10 (Virus corona) sehingga bergantung pada koktail obat eksperimental untuk kesembuhannya.

Dia sempat melambai, dan kemudian mulai merekam video di balkon South Portico, kembali ke rumah dinas di mana banyak pembantu dan staf rumah tangga yang juga terkena virus. Ia berjanji akan segera pergi untuk mencapai jalur kampanye.

Melepas masker merupakan akhir dari tiga hari drama yang membuatnya dilarikan ke Walter Reed di Marine One pada hari Jumat. Disebutkan, ia telah menggunakan oksigen berulang kali, dan dirawat dengan obat-obatan yang tidak tersedia untuk warga Amerika biasa.

Baca Juga: Ke Puan Maharani, Andi Arief: Dulu Menangis, Kami Berikan Tampungan

Ketika dia meninggalkan Walter Reed, saingan Demokratnya untuk kursi kepresidenan, Joe Biden, mengatakan Trump 'bertanggung jawab' atas infeksi COVID-19 dan mengecam sikap 'macho' yang menghindari penggunaan masker.

"Siapa pun yang tertular virus dengan pada dasarnya mengatakan, 'masker tidak masalah, jarak sosial tidak masalah,' saya pikir bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada mereka," 'kata Biden.

"Perilaku macho apa ini,  'Aku tidak akan memakai topeng?' Apa masalahnya di sini? Masalah besar, apakah itu menyakiti Anda? Menjadi patriotik demi Tuhan! Jaga dirimu, tapi jaga tetanggamu," kata Biden.

Saat Trump memasuki Gedung Putih, dua staf terlihat di belakangnya: fotografer resmi Andrea Hanks merekam kedatangannya kembali ke rumah eksekutif dengan seorang videografer bersiap untuk video kampanye.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Tapi Ibu Hamil Jangan Gunakan Minyak Jarak

Trump tampak disambut penasihat perdagangan Peter Navarro, 71, yang berdiri di pintu masuk.

Navarro sendiri berisiko tinggi karena usianya, tetapi dia telah menjadi pendukung hydroxychloroquine di masa lalu.

Kayleigh McEnany, sekretaris pers Gedung Putih, menolak menyebutkan berapa banyak yang sakit. Dia juga sekarang terpapar Covid-19

Di Sayap Barat, Sekretaris Pers Kayleigh McEnany dan dua pembantunya telah dites positif - setelah dites negatif selama berhari-hari dan menghabiskan waktu untuk memberi pengarahan kepada wartawan tanpa topeng - bersama dengan anggota lain dari lingkaran dalamnya.

Pengawalnya Nick Luna, salah satu dari sedikit staf yang bergerak antara Sayap Timur dan Barat adalah positif; Jaksa Agungnya, Bill Barr, 70, mengisolasi diri setelah menghadiri pengungkapan Amy Coney Barrett sebagai calon Mahkamah Agung pada Sabtu sebelumnya dan mendanai dirinya sendiri di acara super spreader.

Baca Juga: Resep dan Cara Masak Tumis Ati Ampela Super Pedas yang Bikin Ketagihan

Chris Christie, yang ada di sana dan mempersiapkan Trump untuk debatnya, berada di rumah sakit setelah dinyatakan positif. Tiga senator Republik, dua ulama - seorang pastor Katolik dan seorang pendeta evangelis - dan mantan ajudannya Kellyanne Conway semuanya positif setelah acara yang sama.

Sebelum dia pergi dari Walter Reed, Trump men-tweet 'jangan biarkan itu mendominasi hidup Anda' setelah menerima kombinasi perawatan eksperimental.

Korban tewas AS mencapai 210.013 dan pada hari sebelumnya Dr Anthony Fauci memperingatkan bahwa negara itu 'tidak di tempat yang baik.'***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x