Pelatihan Bisa Membuat Masyarakat Membuka Peluang Usaha di Tengah Pandemi Covid-19

- 7 Oktober 2020, 19:07 WIB
Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna
Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna /

 

GALAMEDIA - Pemerintah Kota Cimahi senantiasa hadir dan terus berupaya menekan kasus covid-19 sejak awal pandemi. Upaya tersebut melalui penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar maupun secara parsial, hingga melalui penerapan adaptasi kebiasaan baru ataupun pembatasan sosial berskala mikro.

"Tetapi semua kebijakan tersebut tentunya tidak akan mencapai hasil yang optimal, tanpa peran serta seluruh elemen masyarakat," kata Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna saat menutup Giat Pelatihan Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19 di Technopark Cimahi, Rabu 7 Oktober 2020.

Menurut Ajay, pandemi covid-19 memberikan dampak yang sangat besar tidak hanya bagi kesehatan masyarakat, namun juga bagi perekonomian masyarakat baik secara mikro/rumah tangga, maupun secara makro regional dan nasional.

Baca Juga: Rumah Sakit Santo Borromeus Segera Hadir di Summarecon Bandung

"Hal ini memberikan pukulan yang sangat berat bagi sektor UMKM di Kota Cimahi. Belanja pemerintah menjadi stimulus yang sangat penting dalam mendorong/menjaga stabilitas ekonomi di tengah krisis di sektor dunia usaha," katanya.

Dalam rangka penanganan terhadap dampak perekonomian, lanjutnya, pemerintah menerbitkan peraturan pemerintah nomor 23 tahun 2020 tentang pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional dalam rangka mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemik covid-19 dan menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional, stabilitas sistem keuangan, serta penyelematan ekonomi nasional.

Untuk program pemulihan ekonomi di daerah, lanjutnya, pemerintah menggulirkan dana transfer berupa Dana Insentif Daerah (DID) tambahan yang penggunaannya diatur melalui peraturan menteri keuangan republik indonesia nomor 87 tahun 2020 tentang pengelolaan dana insentif daerah tambahan tahun anggaran 2020.

Baca Juga: Kabar Gembira! Satgas Covid-19 Nyatakan Vaksin asal China Aman

"Diharapkan dengan adanya DID tambahan ini, daerah mampu memulihkan perekonomiannya melalui intervensi program atau kegiatan yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x