Rossi Sebut Trek Portimao Luar Biasa, Berikut Alasannya

- 8 Oktober 2020, 05:56 WIB
Pebaap MotoGP, Valentino Rossi.
Pebaap MotoGP, Valentino Rossi. /instagram.com/motogp/

 

GALAMEDIA - Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi menilai Sirkuit Algarve di Portugal sangat luar biasa.  

Itu ia ungkapkan usai menjajal sirkuit pada sesi tes resmi bersama sejumlah pebalap MotoGP, Rabu waktu setempat.

Rossi dan rekan satu timnya, Maverick Vinales, mengendarai motor Yamaha YZF-R1 di trek yang lebih dikenal dengan Portimao itu. Sedangkan test rider Yamaha Jorge Lorenzo juga ikut ambil bagian, mengendarai mesin MotoGP Yamaha YZR-M1.

Baca Juga: Tidak Gunakan Cheat Tapi Akun PUBG Tetap di Banned, Ini Alasannya

Karena alasan regulasi, para pebalap ofisial MotoGP hanya boleh menggunakan mesin Superbike untuk mengenal trek yang bakal menjadi tuan rumah seri pemungkas musim 2020 itu pada 22 November nanti.

"Treknya sulit dan teknis dan kalian mendapati tiga atau empat titik yang cukup menakutkan karena terdapat lompatan yang cukup tinggi. Secara umum ini cukup mulus dikendarai, sangat menikmati, jadi aku sangat suka," kata Rossi.

Portimao terdiri dari 15 tikungan, sembilan ke kanan dan enam ke kiri, dan memiliki karakteristik perbedaan ketinggian yang cukup kentara sehingga sering disebut "roller coaster kecepatan tinggi" yang sangat menantang untuk para pebalap.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Bisa Lemahkan MUI dan Menag, Ini Alasannya

Sirkuit itu akan menjadi trek ke-36 selama karier kompetisi The Doctor.

"Tentunya dengan MotoGP akan lebih sulit karena kalian melaju lebih cepat dengan kecepatan yang lebih tinggi," tuturnya.

"Apakah itu bagus untuk Yamaha, jujur, aku tidak tahu, semoga. Kami perlu mencoba motornya untuk mengetahuinya," imbuh Rossi.

Sementara itu Lorenzo ditugasi untuk mengambil data menggunakan mesin MotoGP untuk tim pabrikan Yamaha yang bisa mereka gunakan untuk mempersiapkan diri pada balapan November nanti.

Baca Juga: Soal Kajian Ada Potensi Tsunami 20 Meter, BMKG: Masyarakat Tidak Perlu Baper

Lorenzo akan meneruskan programnya pada Kamis di hari kedua tes Portimao. Sedangkan Vinales dan Rossi kembali ke Le Mans untuk mempersiapkan diri berlaga di Grand Prix Prancis akhir pekan ini.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x