Pria Ini Dedikasikan Hidupnya untuk Jadi Guru Ngaji Bagi Anak-anak Jalanan

- 8 Oktober 2020, 11:39 WIB
/

GALAMEDIA - Ustadz Yayan Kusdiana (40) merupakan seorang pengajar di Rumah Tahfidz Sirojul Qori yang berada di Desa Karangpawitan, Kecamatan Padaherang, Pangandaran, Jawa Barat. Sekilas, Ustadz Yayan, panggilannya, nampak seperti lelaki pada umumnya.

Namun, siapa sangka, pria asli Desa Karangpawitan ini merupakan sosok yang sangat inspiratif karena selain menjadi pengajar di rumah tahfidz, ia juga menjadi guru ngaji bagi anak-anak jalanan.

Kisahnya mengajar ngaji anak-anak jalanan dimulai pada 2015 silam. Ketika itu sebelum Rumah Tahfidz Sirojul Qori yang terlebih dahulu merupakan Madrasah itu berdiri, ia kerap bertemu dengan anak-anak jalanan dari berbagai latar belakang nongkrong-nongkrong di pos ronda dekat tempat tinggalnya.

Baca Juga: Tutup Jalan Bandung - Garut, Ribuan Buruh Tuntut UU Cipta Kerja Dicabut

Melihat mereka yang hampir tak memiliki masa depan sebab hanya bermain, bahkan kerap mengkonsumsi obat-obatan terlarang itu, hati Ustadz Yayan pun tergerak. Ia memutuskan untuk mendekati anak-anak tersebut dan berbaur dengan mereka.

Mula-mula, Ustadz Yayan sering membelikan mereka kopi dan mengajak ngobrol. Semua itu ia lakukan agar dekat dengan mereka. Sebab, jika ia langsung mendakwahi anak-anak tersebut, mereka akan segan kepadanya.

Dari pos ronda, Ustadz Yayan kemudian mengajak mereka ke masjid. Karena sikapnya itu, ditambah Ustadz Yayan yang dikenal sebagai tokoh agama di kampungnya, membuat anak-anak jalanan itu mulai menaruh perhatian kepadanya. Bahkan, lambat laun, mereka mulai meminta untuk diajari mengaji.

Baca Juga: Verifikasi Akun ShopeePay, Ada Fitur Tambahan dan Promo Lainnya

"Sejak 2015, terus saya memberikan curahan perhatian, sering ngasih kopi, ada milik apapun saya ajak, waktu itu kan nongkrongnya di pos ronda, saya ajak dipindahin ke masjid, nongkrongnya di masjid, lama-kelamaan mereka ingin diajari ngaji," ujarnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x