Penopang Sentra Mangga Sumedang, Bupati Janjikan Jalan Kaleci Mulus

- 9 Oktober 2020, 21:29 WIB
Bupati Sumedang
Bupati Sumedang /

GALAMEDIA - Bupati Sumedang Dr.H.Dony Ahmad Munir, berjanji akan memperbaiki jalan "Kaleci (Jalan Penghubung Desa Kadu - Lebaksiuh - Cintajaja - Cipicung Kec.Jatigede) hingga mulus.

Jalan tersebut sangat stretegis untuk menggerakan roda ekonomi masyarakat. Terlebih saat ini keberadaan desa tersebut merupakan penghasil mangga terbesar di Sumedang.

"Tadi sangat terasa guncangan mobil  saat melewati jalan tersebut, yang sebagian besar sudah tidak beraspal. Ya lumayan tubuh saya merasa sakit juga. Ini mobil yang pakai mobil Bupati (spek tinggi) apalagi mobil yang lain," ujar Dony, disela acara sapa warga di Desa Cintajaya Kec.Jatigede, Jumat 9 Oktober 2020.

Baca Juga: Ridwan Kamil Lepas Ekspor 16 Ton Kopi Java Preanger Jabarano ke Australia

Sehubungan  itu sangatlah beralasan warga dari luar untuk mau mengakses jalan tersebut.

Alhasil untuk memasarkan hasil pertanian khususnya buah mangga, mereka sangat bergantung terhadap bandar yang datang ke lokasi. Sehingga harganya pun menjadi dikendalikan bandar atau tengkulak, asal daerah tetangga seperti Majalengka dan Indramayu. 

"Dampaknya mangga yang dihasilkan masyarakat kita (Sumedang) lebih dikenal sebagai hasil produksi daerah tetangga itu. Padahal sentranya itu ada di sini (Sumedang)," ujar Dony.

Baca Juga: Tak Pikirkan Nasib Lanjutan Liga 1 2020, Zalnando Tetap Maksimalkan Sesi Latihan 

Sebubungan dengan itu, Dony bertekad untuk segerapa memperbaiki insprastruktur jalan di wilayah Keleci. Dengan tujuan, kedepannya mereka bisa memasarkan mangga dan produk pertanian lainnya, tanpa harus bergantung kepada bandar atau tengkulak dari luar daerah.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x