Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Hadiri Panen Raya Padi di Kabupaten Cirebon

- 10 Oktober 2020, 17:46 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Panen Raya Padi di Desa Guwa Lor, Kabupaten Cirebon, Sabtu 10 Oktober 2020.
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Panen Raya Padi di Desa Guwa Lor, Kabupaten Cirebon, Sabtu 10 Oktober 2020. /Humas Jabar



GALAMEDIA - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Panen Raya Padi di Desa Guwa Lor, Kabupaten Cirebon, Sabtu 10 Oktober 2020.

Uu mengatakan, panen raya merupakan bentuk syukur petani atas hasil panen setelah melewati sejumlah proses. Mulai dari menanam padi sampai memanen hasilnya.

"Setelah berjuang dari mulai menanam. Kemudian mengurus air, mengurus pupuk, dan lain sebagainya, hingga dipanen. Ini merupakan anugerah dari Allah SWT," kata Uu dalam siaran pers yang diterima galamedia.

Baca Juga: Jokowi Pilih Kirim Pesan Searah, Para Gubernur Tak Bisa Sampaikan Aspirasi Buruh

Uu mengapresiasi kepada para petani atas kerja kerasnya. Sebab, petani merupakan ujung tombak dalam menjaga ketahanan pangan di Jabar.

Pemprov Jabar, menurut Uu, terus berupaya mengembangkan sektor pertanian. Salah satunya dengan membuat aliran-aliran dari Waduk Jatigede ke sejumlah daerah untuk mengairi sawah.

"Ini luar biasa. Artinya, dengan diurusnya irigasi, dengan diselesaikannya tatanan air, maka dapat meningkatkan produktivitas pertanian," ucapnya.

Baca Juga: Bagi Penolak UU Cipta Kerja, Gubernur Ganjar Pranowo Buka Ruang Aspirasi

"Kehadiran saya di sini (Desa Guwa Lor) bukan yang terakhir, tapi akan ada tindak lanjut untuk merumuskan skala prioritas agar pertanian di wilayah ini meningkat," imbuhnya.

Uu menyatakan, pihaknya terus berupaya mewujudkan Jabar Juara Pertanian atau menjadikan Jabar sebagai lumbung padi nasional. "Curah hujan Jabar besar, hamparan paling besar. Kendala ada di irigasi, maka irigasi akan jadi skala prioritas," katanya.

Sedangkan Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan, pandemi Covid-19 tidak berdampak besar terhadap keberlangsungan sektor pertanian di wilayahnya. Meski begitu, irigasi masih menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Dianggap Rugikan Pekerja, Arief Poyuono: Coba Tunjukan Bagian Mana

"Kami mohon kepada Pak Wagub, dan Dinas terkait, aliran Jatigede ini minta Kabupaten Cirebon diperbanyak," ucapnya. "Kami mohon di wilayah timur dan tengah (Cirebon) minta dibuatkan embung untuk bisa menampung air," imbuhnya.***


Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Panen Raya Padi di Desa Guwa Lor, Kabupaten Cirebon, Sabtu 10 Oktober 2020.

Humas Jabar

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x