Buntut Demo UU Cipta Kerja, Rektor Unisba Surati Kapolda Karena Ada Kerusuhan dan Rusaknya Fasilitas

- 10 Oktober 2020, 18:22 WIB
Rektor Unisba Edi Setiadi
Rektor Unisba Edi Setiadi /Humas Unisba

GALAMEDIA - Sejumlah fasilitas Unsiba rusak buntut dari aksi demonstrasi mahasiswa menolak Omnibus LAW UU Cipta Kerja pada Rabu dan Kamis 7 dan 8 Oktober 2020 lalu. Berdasarkan rangkaian kejadian tersebut berujung terjadinya kerusuhan dan rusaknya fasilitas Unsiba.

Unsur pimpinan Unisba langsung mengadakan rapat pimpinan Sabtu, 10 Oktober 2020 untuk menyamakan persepsi antara pimpinan universitas dengan pimpinan lembaga dan fakultas yg ada di Unisba.

Baca Juga: UU Ciptaker Dibutuhkan Indonesia Saat Pandemi Covid-19, Ini 3 Alasannya Menurut Jokowi

Dari hasil rapat pimpinan tersebut Unisba menyatakan sikap penyesalan yang tertuang dalam beberapa poin. Pernyataan sikap tersebut tertulis dalam bentuk surat yang akan dikirimkan ke Kapolda Jabar.

Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H, Rektor Unisba mengatakan, tindakan sebagian kecil oknum polisi yang menangani aksi unjuk rasa mahasiswa (termasuk mahasiswa Unisba) dan melakukan melakukan tindakan berlebihan (excesive force).

Baca Juga: Jokowi Pilih Kirim Pesan Searah, Para Gubernur Tak Bisa Sampaikan Aspirasi Buruh

"Sehingga atas tindakan itu menyebabkan kerusakan fasilitas kampus. Sungguh suatu perbuatan yang tidak patut dilakukan oleh aparat penegak hukum," kata Edi.

Dalam surat pernyataan sikap Unisba yang ditujukan kepada Kapolda Jabar dan Kapolretabes Bandung dengan nomor 924/K.06/Rek-k/X/2020 itu, Rektor menuturkan bahwa fasilitas kampus tidak ada kaitannya dengan objek dari pelaksanaan tindakan polisi tersebut.

Menurut Edi, penegak hukum (in casu polisi) harus memperhatikan code of conduct for law enforcement salah satunya adalah kapan seorang penegak hukum menggunakan force (when strictly and only to the extent required for the performance of their duty).

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x