Bapenda KBB Sebut Reklame Calon Bupati Bandung Barat Diluar Masa Kampanye Bebas Pajak, Ini Alasannya 

- 10 Juni 2024, 23:10 WIB
Reklame politik bernarasi calon bupati Bandung Barat semakin bertebaran di di jalur wisata Lembang.
Reklame politik bernarasi calon bupati Bandung Barat semakin bertebaran di di jalur wisata Lembang. /GALAMEDIANEWS /Deni Supriatna /

 

GALAMEDIANEWS - Kepala Bidang (Kabid) penetapan dan pelayanan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Sandimitra membeberkan bebas pajak reklame para calon bupati yang saat bertebaran di jalan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Menurut Sandi, bahwa reklame politik yang bernarasi calon bupati Bandung Barat merupakan reklame bebas pajak dikarenakan tidak ada unsur komersil. Namun berbeda dengan reklame iklan rokok atau produk akan adanya transaksi setelah masyarakat melihat reklame tersebut.  

Adapun terkait perdebatan pajak reklame politik calon, Sandi mengaku, pihaknya pernah berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat melakukan audit di Bapenda KBB. 

Baca Juga: Reklame Hengky Kurniawan Jilid 2 Dibongkar Satpol PP, Bapenda KBB Beberkan Soal Pajak

" Versi dari BPK menilainya bahwa reklame politik tidak dikenakan pajak dikarenakan tidak bersifat komersil dan tidak adanya transaksi yang terjadi setelah orang-orang melihat reklame tersebut," ujar Sandi saat ditemui pada Senin 10 Juni 2024. 

Meski demikian, Sandi menyebutkan, bahwa pemasangan reklame politik harus mengantongi izin dengan mengurus Izin Penyelenggaraan Reklame (IPR) diluar masa kampanye. 

"Kalau belum masuk masa kampanye harus diurusi IPR, tapi kalau sudah masuk masa kampanye dibebaskan izin dan IPR-nya," ucapnya. 

Baca Juga: Dinilai Tak Berizin, Reklame Hengky Kurniawan Jilid 2 Dibongkar Satpol PP

Berdasarkan Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD) dan di Peraturan Daerah (Perda) KBB, Sandi menjelaskan, bahwasanya pengecualian pajak reklame adalah untuk kegiatan politik tidak menyebutkan diluar atau didalam masa kampanye. 

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah