PT Servvo Fire Indonesia Kenalkan APAR, Solusi Tekan Risiko Kebakaran Akibat Litium-ion

- 11 Juni 2024, 19:03 WIB
PT Servvo Fire Indonesia gelar seminar bersama Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi Jabar /Foto : Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS //
PT Servvo Fire Indonesia gelar seminar bersama Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi Jabar /Foto : Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS // /

GALAMEDIANEWS - Masyarakat yang memiliki kendaraan hybrid atau berbasis elektrik disarankan untuk menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) yang mampu mengendalikan api terutama berasal dari litium-ion.

Direktur PT Servvo Fire Indonesia Gideon Yonathan mengatakan, bahwa kejadian kebakaran yang disebabkan lithium-ion dapat mencapai 1000 derajat celcius dan butuh penetrasi api dan menggurangi asap racun.

Dijelaskan Gideon, dengan semakin pesatnya pertumbuhan penggunaan baterai Lithium-ion, khususnya di industri otomotif, mulai dari Sepeda Motor Listrik, Mobil Listrik termasuk kendaraan besar seperti Truk dan Bus bertenaga Listrik beresiko potensi kebakaran dari baterai yang semakin meningkat.

Setelah melalui berbagai tahapan-tahapan riset yang panjang, Gideon mengaku, pihaknya telah mengembangkan APAR yang mampu menekan risiko kebakaran akibat litium-ion. Bahkan alat tersebut dapat menghentikan running termal dan membantu pendingan sel baterai.

"Alat ini bisa membantu mengurangi asap racun yang ditimbulkan dari kebakaran baterai," kata Direktur PT Servvo Fire Indonesia Gideon Yonathan usai Seminar Standar Mutu APAR dan pembukaan Kantor Cabang di Ruko Bumi Kopo Kencana Jl. LKR, Kencana no.18, Suka Asih, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Selasa 11 Juni 2024.

Selain itu, Gideon menerangkan, pihaknya sudah mengembangkan produk khusus yaitu SV-5 Solution yang sudah terakreditasi SNI untuk kebakaran di kelas api L atau lithium-ion. Apalagi yang api yang berasal lithium-ion dapat menimbulkan risiko tinggi.

Pasalnya, Gideon menilai, hal itu dikarenakan adanya multi sel baterai yang terbakar menimbulkan potensi kebakaran dengan suhu tinggi, biasanya mencapai lebih dari 1.000 derajat celcius.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Masih Ada Kendaraan Umum Tak Dilengkapi Izin Trayek dan APAR Kedaluarsa

Menurutnya, SERVVO memadamkan kelas api A (benda padat mudah terbakar), kelas api B (cairan dan gas mudah terbakar), dan kelas api C (listrik), produk ini mampu memadamkan di kelas api L atau lithium-ion.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah