Tak Terima Dipermalukan Kim Jong Un, Korut Pamer Senjata Nuklir Terbesar di Dunia Donald Trump Murka

- 11 Oktober 2020, 16:34 WIB
Ilustrasi bom nuklir
Ilustrasi bom nuklir /Pixabay/geralt/

GALAMEDIA - Presiden Donald Trump dilaporkan tak bisa menyembunyikan kemarahan saat menyaksikan koleksi anyar militer Korea Utara termasuk rudal baru yang canggih.

Kim Jong-un menggelar parade militer besar-besaran akhir pekan ini dalam rangka memperingati 75 tahun partai berkuasa.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Minggu (11 Oktober 2020) laporan  reporter keamanan nasional Vox Alex Ward menyebut Trump benar-benar marah melihat parade rudal Korea Utara.

Baca Juga: Viral di Tikok, Ini Dia Lirik Lengkap Lagu Kopi Dangdut yang Sempat Hits Tahun 1990an

Ward juga menyebut Trump dibuat sangat kecewa karena pembicaraan damainya dengan Kim sama sekali tidak membuahkan hasil.

Pengembangan nuklir yang tetap dilakukan Korut meski pembicaraan denuklirisasi tengah berlangsung dianggap sama saja dengan mempermalukan orang nomor satu di Amerika tersebut.

Di antara senjata militer baru yang ditampilkan pada parade di Pyongyang  menandai HUT ke-75 rezim Komunis, yaitu Rudal Balistik Antarbenua (Intercontinental Ballistic Missile/ICBM) yang besar dan rudal balistik baru yang dirancang untuk diluncurkan dari kapal selam (new submarine-launched ballistic missile/SLBM).

Baca Juga: Gelar Parade Militer Besar-besaran, Peringatkan Amerika Korea Utara Unjuk Kekuatan Rudal Antarbenua

Analisis visual dari ICBM baru menunjukkan rudal tersebut lebih besar dari Hwasong-15 yang sebelumnya merupakan ICBM paling canggih Korea Utara dan mampu menyerang titik mana saja di benua AS.

“ICBM baru yang kemungkinan merupakan pengembangan Hwasong-16, tampaknya memiliki panjang sekitar 25-26 m dengan diameter 2,5-2,9 m atau sekitar 4-4,5 m lebih panjang dari dan 0,5 m lebih besar dari ICBM Hwasong-15 Utara yang sudah diuji coba pada November 2017,” papar analis dari Henry L. Stimson Center.

Baca Juga: Gelombang Penolakan Omnibus Law Cipta Kerja Terus Berlanjut, Aksi 1310 Bakal Kepung Istana Negara

Mereka menambahkan,  diperkirakan rudal baru yang dipamerkan itu mampu  meluncurkan  2.000-3.500 kg muatan berdaya ledak ke titik mana pun di benua Amerika Serikat. “Jadi ini jauh lebih besar daripada Hwasong-15."

"Tampaknya rudal baru Korea Utara ini bisa dikategorikan sebagai ICBM seluler terbesar di dunia. Sebab negara-negara dengan koleksi ICBM umumnya berusaha membuatnya berukuran lebih kecil sehingga mereka bisa lebih mobile dan tersembunyi," tulis para analis.

Baca Juga: Ada Apa dengan Presiden AS? Kembali Tampil dengan Perban Misterius Trump Picu Spekulasi Baru

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x