Terungkap Alasan PDIP Sulit Diterima Warga Sumatera Barat, Salah Satunya Sikap Arogansi Elit

- 11 Oktober 2020, 17:07 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani. /ANTARA/Syaiful Hakim/

GALAMEDIA - Lembaga Riset dan Konsultan Spektrum Politika mengungkap hasil survei terkait dengan keberadaan PDIP di Sumatera Barat.

Hasilnya, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu sulit mendapat tempat di hati pemilih Sumatera Barat karena lemahnya komunikasi politik elit partai berlambang banteng tersebut.

"Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri pernah mengeluhkan partainya belum mendapatkan kepercayaan masyarakat Sumatera Barat," kata Peneliti Lembaga Riset dan Konsultan Spektrum Politika Andri Rusta di Padang, Ahad, 11 Oktober 2020.

Baca Juga: KPU Kabupaten Bandung Optimal Sosialisasikan Pilkada 9 Desember Mendatang

"Dari survei yang kami lakukan, 62,3 persen warga merasakan tidak ada tokoh PDIP yang mau mendekatkan diri atau mendatangi mereka walaupun hanya sekadar untuk bertegur sapa atau berdiskusi," terangnya.

Ia menjelaskan, survei bertema persepsi masyarakat Sumatera Barat terhadap PDIP dan eksistensi usai Pemilu 2019 dilakukan pada 10-15 September 2020 mengumpulkan data di 19 kabupaten/kota .

Riset ini mewawancarai sebanyak 1.220 orang responden yang menjadi sampel diambil secara bertingkat di seluruh kabupaten/kota yang ada.

Sampel diacak secara proporsional dengan memperhatikan jumlah penduduk dan karakteristik penduduk yang ada di kabupaten/kota dengan margin of error 2,9 persen.

Baca Juga: 20 Orang Tewas di Tempat, Bus dan Kereta Bertabrakan di Dekat Bangkok Thailand

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x