Amankan Sumber Vaksin Covid-19, Menlu Retno Bertolak ke Inggris dan Swiss  

- 12 Oktober 2020, 10:25 WIB
Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi (baju putih)
Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi (baju putih) /@Kemlu_RI

 

GALAMEDIA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertolak ke Inggris dan Swiss untuk mendalami kerja sama pengadaan vaksin Covid-19 baik melalui skema bilateral maupun multilateral.

“Tujuan utama dari perjalanan ini antara lain mengamankan komitmen dari sumber lain untuk vaksin Covid-19 dalam rangka kerja sama vaksin bilateral,” kata Retno dalam konferensi pers secara daring dari Jakarta, Senin 12 Oktober 2020.

Selain itu, Menlu Retno yang didampingi oleh Menteri BUMN dan tim Kementerian Kesehatan akan melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta perwakilan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) dan Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) guna membahas inisiatif COVAX.

Baca Juga: Spanduk KAMI Terbukti Menunggangi Aksi Demo Buruh dan Pelajar Hebohkan Jakarta

Melalui COVAX atau Fasilitas Akses Global Vaksin Covid-19, GAVI bertugas mengoordinasi pengadaan vaksin, sementara CEPI yang memantau riset dan pengembangan calon vaksin.

Lewat inisiatif COVAX, pembelian vaksin Covid-19, jika telah tersedia, akan dilakukan lewat satu pintu yaitu dari Divisi Pengadaan UNICEF di Kopenhagen, Denmark---salah satu sarana pengadaan bantuan kemanusiaan terbesar di dunia.

Dalam skema kerja sama itu, UNICEF bertugas mengoordinasi pembelian dan pengiriman vaksin Covid-19 ke lebih dari 140 negara, termasuk Indonesia, agar setiap negara punya akses yang setara dan terjangkau pada anti virus SARS-CoV-2.

Baca Juga: Terpengaruhi Kebijakan PSBB Transisi, Rupiah dan IHSG Hari Ini Dibuka Menguat

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x