Sungai Cilauteureun dan Cipaleubuh Meluap, Ratusan Rumah di Dua Kecamatan Diterjang Banjir

- 12 Oktober 2020, 10:35 WIB
Areal sawah yang terendam banjir
Areal sawah yang terendam banjir /


GALAMEDIA- Dua kecamatan di Garut Selatan, Kecamatan Cibalong dan Pameungpeuk diterjang banjing bandang. Banjir tersebeut terjadi akibat luapan sungai yang melintasi dua kecamatan tersebut dan menerjang puluhan rumah warga, Minggu 11 Oktober 2020 kemarin.

"Dilaporkan ada dua kecamatan di wilayah selatan dilanda banjir yang terjadi Minggu kemarin, 11 Oktober 2020)," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaam BPBD Garut Tubagus Agus Sofyan di Garut, Senin 12 Oktober 2020.

Disebutkannya, hujan deras yang berlangsung lama mengguyur wilayah selatan Garut telah menyebabkan air sungai besar meluap, kemudian merendam dan merusak sejumlah bangunan di sekitar sungai.

Baca Juga: Korea Utara Pamer Rudal Antarbenua, Amerika Serikat Sebut Merka Terus Prioritaskan Program Terlarang

Sejumlah warga di Kecamatan Pameungpeuk dan Cibalong yang terdampak langsung luapan sungai, kata dia, harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari ancaman bahaya dari bencana tersebut.

"Sebagian warga kita evakuasi ke tempat yang lebih aman," katanya.

Ia menyampaikan banjir di wilayah selatan itu disebabkan dua sungai meluap, yakni Sungai Cilauteureun dan Cipalebuh di Kecamatan Pameungpeuk yang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah itu.

Baca Juga: LA Lakars Juara NBA 2020, Berikut Ini Daftar Juara NBA Sejak Era 2000an

Ketinggian air yang menerjang pemukiman rumah penduduk, kata Tubagus, berbeda-beda, seperti di Kecamatan Cibalong hampir mencapai satu meter menerjang pemukiman rumah warga.

"Untuk jumlah rumah dan warga yang terdampak masih kita data di lapangan," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x