Wenger Usulkan Piala Dunia Digelar Dua Tahun Sekali

- 13 Oktober 2020, 11:16 WIB
Arsene Wenger sarankan Nations League dihapus.
Arsene Wenger sarankan Nations League dihapus. /independent.co.uk

 

GALAJABAR - Pelatih legendaris asal Prancis, Arsene Wenger menyarankan agar Piala Dunia serta Piala Eropa digelar dua tahun sekali . Saat ini kedua kompetisi kasta tertinggi sepak bola antar negara ini digelar setiap empat tahun sekali.

"Piala Eropa dan Piala Dunia bisa diadakan setiap dua tahun sekali, bukan setiap empat tahun agar para suporter lebih menantikan pertandingan tingkat internasional," kata Wenger, Selasa (13/10/2020).

Pelatih berjuluk "Le Professeur" pun menyindir Nations League. Menurutnya, rata-rata penggemar sepak bola tidak peduli atau tidak memahami Nations League.

Baca Juga: Liverpool Sempat Dihantui Batal menjadi Juara Liga Inggris Akibat Pandemi Corona

Sementara itu, Nations League digelar oleh UEFA demi memberikan pertandingan kompetitif di antara dua kompetisi tersebut, dengan tim-tim peserta saat ini berkompetisi di edisi kedua turnamen itu.

Portugal memenangi edisi perdana UEFA Nations League, mengalahkan Belanda 1-0 di final pada Juni 2019 berkat gol dari pemain sayap Valencia Goncalo Guedes pada menit ke-60.


"Kita perlu menyingkirkan Nations League dan menemukan kompetisi yang lebih jelas untuk dipahami semua orang," kata  mantan pelatih asal Prancis tersebut saat ini menjabat sebagai Ketua Pengembangan Sepak Bola Global FIFA sejak 2019.

Baca Juga: Wow! Bukan Hanya Penyedap Makanan, Ini Sejumlah Manfaat Oregano Bagi Kesehatan

"Bila Anda bertanya kepada orang-orang di jalan apa itu Nations League, Anda tidak akan menemukan banyak orang yang dapat menjelaskannya," ujarnya seperti dikutip galajabar dari Antara.

"Kita perlu mengadakan kompetisi sesedikit mungkin. Satu Piala Dunia dan satu Piala Eropa setiap tahun mungkin lebih sesuai untuk dunia modern," tambahnya. "

Menurut Wenger, semua pertandingan kualifikasi akan dimainkan hanya dalam satu bulan, sehingga mempermudah proses penjualan hak kepada penyiar dan sponsor.

Wenger mengatakan bahwa FIFA telah membahas gagasan tersebut, dan ia menolak anggapan bahwa mengadakan turnamen besar lebih sering akan membuat kompetisi tersebut kehilangan daya tarik.

Baca Juga: Mahasiswa China Diserang Norovirus, Rumah Sakit Membeludak

"Lagi pula, orang-orang terus menonton Liga Champions setiap tahun. Secara pribadi, saya pikir ini akan menjadi sebuah kemajuan yang bagus."

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x