Bank Dunia Gelontorkan Rp 176,4 Triliun untuk Obat dan Vaksin Covid-19

- 14 Oktober 2020, 17:41 WIB
Bank Dunia.
Bank Dunia. /Dok.IDX Chanel/

GALAMEDIA - Bank Dunia mengatakan dewan eksekutifnya telah menyetujui alokasi dana senilai 12 miliar dolar AS (sekitar Rp 176,4 triliun).

Angka itu disiapkan untuk membantu negara-negara berkembang membeli dan mendistribusikan vaksin, obat-obatan, serta perlengkapan tes Covid-19.

Dana tersebut merupakan bagian dari total anggaran senilai 160 miliar dolar AS (sekitar Rp 2.352 triliun) yang akan disediakan oleh Bank Dunia untuk membantu negara-negara berkembang menanggulangi pandemi Covid-19 sampai Juni 2021.

Baca Juga: China Kalang Kabut, AS Siap Pasok Senjata Berteknologi Tinggi ke Taiwan

Komitmen itu telah diberitakan oleh Reuters pada September 2020. Bank Dunia mengatakan program tersebut juga akan membiayai dukungan teknis.

Artinya, negara penerima dapat mempersiapkan distribusi vaksin dalam jumlah besar. Termasuk mengirim sinyal ke perusahan farmasi untuk memproduksi vaksin Covid-19 dalam jumlah besar.

Laporan Bank Dunia edisi Oktober 2020 menunjukkan pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian di Asia Timur dan Pasifik terpuruk.

Baca Juga: Sindir Ridwan Kamil Soal Surati Jokowi, Denny Siregar: Ini Gubernur Bermuka Dua

"Covid-19 tidak hanya menyebabkan pukulan terparah bagi masyarakat miskin, tapi juga mengakibatkan munculnya masyarakat miskin baru," kata Wakil Presiden Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik, Victoria Kwakwa.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x