China Marah Besar Gara-gara Ulah Donald Trump Tunjuk Utusan HAM untuk Tibet

- 15 Oktober 2020, 18:29 WIB
Ilustrasi - China Vs Amerika Serikat. (dok PRMN)
Ilustrasi - China Vs Amerika Serikat. (dok PRMN) /

GALAMEDIA - China marah besar atas sikap Amerika Serikat yang dinilai sudah melewati batas. Negara pimpinan Xi Jinping itu menuding AS telah memicu ketidakstabilan di Tibet.

Penyebabnya tak lain gara-gara ulah Presiden Donald Trump yang menunjuk seorang pejabat hak asasi manusia sebagai koordinator khusus untuk masalah-masalah Tibet.

"Masalah Tibet adalah urusan dalam negeri China yang tidak memungkinkan adanya campur tangan asing," tegas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, Kamis, 15 Oktober 2020.

Baca Juga: Habib Rizieq Diisukan Kembali Dicekal, FPI Minta Jokowi Pecat Dubes Agus Maftuh

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengumumkan pada Rabu, 14 Oktober 2020, bahwa Asisten Menteri Luar Negeri untuk Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Perburuhan Robert Destro akan mengambil posisi tambahan sebagai koordinator khusus untuk masalah Tibet.

China sendiri secara konsisten menolak untuk berurusan dengan koordinator AS dan melihatnya sebagai campur tangan pada urusan dalam negerinya.

"Penunjukan yang disebut koordinator untuk masalah-masalah Tibet merupakan manipulasi politik untuk mencampuri urusan dalam negeri China dan menciptakan ketidakstabilan di Tibet. China dengan tegas menentang itu," kata Zhao dalam jumpa pers reguler.

Baca Juga: Fahri Hamzah: Ada yang Aneh di Seputar Kekuasaan, Salah Ketik Bisa Masuk Penjara

Penunjukan tersebut dilakukan pada saat hubungan AS-China telah tenggelam ke titik terendah dalam beberapa dekade karena berbagai masalah, termasuk perdagangan, Taiwan, hak asasi manusia, Laut China Selatan, dan virus corona.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x