Destroyer USS Barry Lintasi Selat Taiwan: Panas, China Kirim Armada Tempur Udara

- 16 Oktober 2020, 13:01 WIB
USS Barry /defpost.com

GALAMEDIA - Destroyer berpeluru kendali Amerika Serikat (AS) USS Barry dikabarkan melintasi Selat Taiwan pada Rabu 14 Oktober 2020.

Manuver Angkatan Laut AS itu bakal membuat ngamuk Beijing karena selama ini China mengklaim kedaulatan atas wilayah tersebut.

USS Barry adalah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke yang melayani Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy). USS Barry yang melintasi Selat Taiwan merupakan salah satu dari puluhan USS Barry yang dimiliki AS.

Kolonel senior Zhang Chunhui, juru bicara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan pada Kamis 15 Oktober 2020, militer China mendesak Amerika Serikat untuk berhenti terlibat dalam retorika dan tindakan negatif terkait dengan Selat Taiwan.

Baca Juga: China Kalang Kabut, AS Siap Pasok Senjata Berteknologi Tinggi ke Taiwan

Baca Juga: Satelit Rusia dan Roket China Bertabrakan di Langit

Melansir People's Daily, pada hari Rabu, kapal perusak berpeluru kendali USS Barry transit melalui Selat Taiwan. Komando Teater Timur PLA mengirim unit maritim dan Angkatan Udara untuk memantau seluruh bagian kapal, kata Zhang.

"Baru-baru ini, AS secara rutin mengirimkan pesan yang salah kepada pasukan separatis Taiwan, dan telah merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan itu," katanya.

"Kami dengan sungguh-sungguh memperingatkan AS untuk berhenti menimbulkan masalah di Selat Taiwan dengan retorika dan tindakannya," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X