Cerita Ayu Dibalik Isolasi Mandiri dan Protokol Kesehatan

- 17 Oktober 2020, 10:10 WIB
Potret Ayu dan keluarga saat berlibur. (istimewa)
Potret Ayu dan keluarga saat berlibur. (istimewa) /

GALAMEDIA - Langit terasa mau runtuh dan dunia pun seolah mendadak gelap. Itu yang dirasakan Rahayu Widyastuti begitu dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Hasil itu keluar berdasarkan pemeriksaan swab test dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Barat, medio Juli lalu. Seketika itu, perempuan yang biasa disapa Ayu ini merasa lemas dan sedih bersatu sehingga untuk berjalan pun susah.

Terlebih saat tiga anggota keluarganya, yakni Sukrisno (suami) dan dua anaknya Annisa Fadhilah dan Naila Dwi Syazwina setelah ditracing dan di tes usap dinyatakan positif terpapar Covid-19. Kecuali anak yang bungsu, Tubagus Barra Setyoaji setelah di tes usap hasilnya negatif.

Baca Juga: China Bakal Prioritaskan Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat ASEAN

Menjadi kluster keluarga awalnya sangat berat diterima Ayu bersama keluarga. Namun dukungan dari keluarga besar, masyarakat sekitar (lingkungan Perumahan Istana Kawaluyaan RW 04 Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buahbatu, Kota Banfung) dan teman-teman sejawat membuat Ayu dan keluarga tetap semangat melaksanakan isolasi mandiri.

Kejenuhan dan merasa hidup sendiri sangat terasa oleh Ayu selama 14 hari. Bayangkan saja, dalam satu keluarga ada empat orang terpapar positif Covid-19. Namun mereka tidak pernah bertegur sapa dan hidup mandiri (isolasi) di kamar masing-masing.

"Kebayang saja kang, 14 hari masing-masing diam di kamar. Kalau pun keluar untuk keperluan pribadi harus diatur atau antre agar tidak saling bertemu," ujar Ayu.

Baca Juga: Wabup Bandung Barat Jalani Uji Klinis Vaksin Covid-19

"Semua itu harus kami lakukan dengan ikhlas demi kesembuhan bersama. Sementara anak yang bungsu dititipkan di neneknya, hingga situasi benar-benar sehat," ceritanya mengawali pengalamannya melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya kepada Galamedia, Sabtu 17 Oktober 2020.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x