Thailand dan Filipina Trending di Dunia Maya, Heboh Nama Sunda Empire Ikut Muncul

- 17 Oktober 2020, 12:25 WIB
Cuplikan demonstrasi di Thailand. /Theglobepos

GALAMEDIA - Aksi unjuk rasa terjadi di sejumlah negara Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Thailand hingga Filipina.

Aksi di Thailand dan Filipina bahkan menjadi salah satu trending topic Twitter hingga hari ini, Sabtu 17 Oktober 2020. Tagar #whatishappeninginthailand dan #whatIsHappeningInPhillipines marak digaungkan warganet.

Apa yang sebenarnya terjadi di Thailand dan Filipina? Di Thailand, tiga bulan lamanya rakyat berunjuk rasa menuntut kemunduran Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha.

Baca Juga: Rizal Ramli: Ada yang Tolak Omnibus Law Tapi Setuju Isinya, Jadi Kelihatan Berpihak ke Mana

Rakyat di sana juga menyerukan reformasi pada pemerintahan monarki. Ini adalah bentuk kelelahan dari penduduk Thailand yang merasa dipermainkan oleh kekuasaan Pemerintahan monarki padahal negara sedang mengalami krisis ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Dilansir AFP, dalam demo baru-baru ini rakyat Thailand melawan tabu, mengacungkan salam tiga jari pada iring-iringan mobil kerajaan sebagai simbol pemberontakan terhadap kepemimpinan Prayuth Chan-ocha.

Namun aksi demo di Thailand ini ditanggapi penguasa dengan cara mengeluarkan dekrit darurat. Isinya yakni melarang adanya pertemuan lebih dari lima orang dengan alasan kondisi lingkungan sedang dilanda pandemi.

Baca Juga: Ada Rekrutmen Relawan Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19, Berminat Mendaftar?

Thailand juga meluncurkan aturan pembatasan media. Dekrit diluncurkan usai ribuan massa menuntut mundurnya Prayuth Chan-ocha di Ibu Kota Thailand, Bangkok.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X