4.000 Pesepeda dari 26 Kota di Indonesia Terlibat dalam Sosialisasi Keselamatan Bersepeda

- 17 Oktober 2020, 16:14 WIB
Kampanye "Bersepeda Tertib Berlalu Lintas dan Peduli Protokol Kesehatan", di Taman Cikapayang, Jalan Ir. H. Juanda, Minggu, 26 Juli 2020. (Humas Setda Kota Bandung) /

GALAMEDIA - Tidak kurang dari 4.000 pesepeda dari 26 kota di Indonesia terlibat dalam virtual fun bike yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pada kesempatan itu Kemenhub mensosialisasikan keselamatan penggunaan sepeda.

“Bersepeda saat ini menjadi sebuah tren dan gaya hidup baru di tengah pandemi. Kami ingin sepeda menjadi salah satu pilihan moda transportasi bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena sepeda merupakan transportasi yang ramah lingkungan dan menyehatkan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri Virtual Fun Bike, di Jakarta, Sabtu 17 Oktober 2020.

Dalam sistem transportasi massal, bersepeda merupakan bentuk dari Non-Motorized Transportation (NMT) yang digunakan dalam tahapan first mile dan last mile saat berproses menggunakan transportasi publik.

Baca Juga: Hah! Tak Cuma Wajah, Ini 8 Jenis Operasi Plastik Terpopuler di Dunia

“Sepeda bisa menjadi bagian dari integrasi antarmoda yang baik dengan transportasi publik seperti KRL, MRT, dan BRT,” jelas Menhub

Menhub mengatakan Kemenhub hadir untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bersepeda bagi masyarakat dengan menerbitkan Peraturan Menhub Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengendara sepeda.

“Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap penggunaan sepeda, jangan sampai mengabaikan keselamatan yang mendatangkan penyesalan. Bersepeda dengan selamat menjadi suatu keharusan,” jelas Menhub.

Baca Juga: The Adventure of Kabayan: Baju Hikmat (20)


Lebih lanjut Menhub meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti helm dan pelindung lainnya. Kemudian, patuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepeda dengan selamat.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X