Nih Cara Mudah Cek NPWP Masih Aktif atau Tidak Tanpa Keluar Rumah

- 18 Oktober 2020, 14:47 WIB
Ilustrasi NPWP /Doknet/

GALAMEDIA - Pandemi Covid-19 sampai saat ini belum juga berakhir. Akibatnya banyak orang malas untuk mengecek Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadinya, aktif atau tidak ke kantor pajak (KPP) terdekat.

Namun Jangan Khawatir, kini kita sudah bisa membuat dan cek nomor online. NPWP sendiri merupakan serangkaian nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak (WP), sebagai tanda pengenal atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban administratif perpajakan di Indonesia.

Untuk mendaftar dan mengetahui persyaratan apa saja yang anda butuhkan dalam membuat nomor NPWP, anda bisa mengunjungi website resmi Kementerian Keuangan https://www.kemenkeu.go.id/page/tata-cara-pendaftaran-npwp/

Baca Juga: Putra Amien Rais Kecelakaan di Tol Cipali: Mobil Alphard Ditabrak dari Belakang, Sopir Melarikan Dir

Lepas mendaftar, anda akan mendapatkan kartu NPWP yang berisi nama, alamat, hingga nomor unik. Sebab sifat NPWP adalah rahasia maka Direktorat Jenderal Pajak tidak akan memberi akses bagi siapa pun untuk cek nomor NPWP secara online.

Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan karena dikhawatirkan ada orang yang tidak berkepentingan mengakses data diri anda melalui NPWP yang sudah terdaftar.

Namun jika pemilik nomor itu masih bisa dicek, caranya beragam. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Orisinalitas dan Keramahan Syarat Pariwisata Berkelanjutan

1. Cek Nomor NPWP Online melalui Aplikasi DJP

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X