Ini Ternyata Penyebab Habib Rizieq Shihab Belum Bisa Pulang ke Tanah Air

- 18 Oktober 2020, 15:15 WIB
Habib Rizieq.* /Sufri Yuliardi/ANTARA

GALAMEDIA - Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengungkapkan data imigrasi Habib Rizieq Syihab di Kerajaan Arab Saudi. Menurutnya Imam Besar FPI itu belum bisa kembali ke Indonesia.

Ada sejumlah penyebab sehingga Habib Rizieq belum bisa keluar dari Arab Saudi.

"Nama Mohammad Rizieq Syihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih `blinking merah` dengan tulisan ta`syirat mutanahiyah (visa habis), dan dalam kolom lain tertulis mukhalif (pelanggar UU). Bentuk pelanggaran mutakhallif ziyarah (overstay dengan visa kunjungan)," katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Ia menjelaskan, `Blinking merah` itu sama dengan belum bisa ke luar Arab Saudi. Dalam imigrasi Arab, Habib Rizieq tertulis sebagai `pelanggar`.

Baca Juga: Heboh Prajurit TNI Aktif Cantik Masih Jadi Ajudan Gatot Nurmantyo

"Ada juga kolom `ma`lumat al-mukhalif` (data tentang pelanggar). Di kolom foto MRS ditulis `Surah al-Mukhalif` foto pelanggar," jelas Agus.

Agus mengatakan Kerajaan Arab Saudi tidak pernah mendiskriminasi warga negara asing (WNA) yang melanggar sistem keimigrasian Arab. Semua itu sudah terdata di sistem imigrasi.

"Terkait dengan denda dan sanksi punishment untuk para WNA pelanggar keimigrasian, Arab Saudi tidak pernah melakukan diskriminasi karena semuanya sudah ada sistem yang baku. Mulai punishment denda dan deportasi (tarhil) serta di-blacklist tidak bisa masuk Arab Saudi," ucapnya.

Agus juga menjelaskan keluarnya exit permit atau izin keluar yang dikeluarkan imigrasi Arab Saudi. Warga negara Indonesia (WNI) yang overstay bisa dikeluarkan izin keluarnya, tapi dengan status deportan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X