3 Mahasiswa Unpad Kembangkan Sabun Kertas Berbahan Alami, Cocok Digunakan Saat Pandemi

- 19 Oktober 2020, 10:28 WIB
3 Mahasiswa Unpad Kembangkan Sabun Kertas Berbahan Alami, Cocok Digunakan Saat Pandemi
3 Mahasiswa Unpad Kembangkan Sabun Kertas Berbahan Alami, Cocok Digunakan Saat Pandemi /Humas Unpad


GALAMEDIA - Sosialisasi 3M dalam menekan kasus Covid-19 terus digelorakan. Sebab sebelum adanya vaksin kuncu menekan kasus penyebaran virus corona itu adalah dengan 3M.

Yakni, menjaga jarak, mencucui tangan menggunakan sabun, dan memakai masker. Hal inilah yang mendorong masyarakat pada pandemi Covid-19 untuk lebih aktif menjaga kebersihan diri.

Salah satunya adalah rajin mencuci tangan dengan sabun di mana pun dan kapan pun. Namun, terkadang banyak orang malas membawa sabun saat beraktivitas di luar rumah dengan alasan kurang praktis.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Jika Anak Demam, Batuk, Sesak Napas, dan Diare, Supaya Terhindar dari Virus Corona

Karena itu, sekelompok mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) mengembangkan sabun cuci tangan berbentuk kertas dengan kandungan bahan alami.

Mereka adalah M. Jaza Kamali, Karen Lolinhandary, dan Aleesha Zalica, tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad yang mengembangkan kreasi sabun kertas tersebut.

Produk sabun batangan atau cair yang ada di pasaran dirasa kurang praktis untuk dibawa setiap kali bepergian. Apalagi, belum semua lokasi menyediakan sabun cuci tangan. Hal ini menyebabkan orang malas mencuci tangan.

Baca Juga: 4.273 Mahasiswa UPI Diwisuda, Rektor: Ke Depan Kita Sudah Siap Belajar Baik Online Maupun Offline

“Sabun batangan bisa meleleh, sedangkan sabun cair bisa tumpah. Sabun kertas diharapkan menarik minat masyarakat untuk rajin mencuci tangan,” kata Jaza kepada wartawan, Senin 19 Oktober 2020.

Jaza menjelaskan, bahan utama dari sabun ini adalah kertas larut air yang dicampur dengan sejumlah kandungan antimikroba. Antimikroba ini diperoleh dari bahan alam, yaitu daun dadap dan air kelapa.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x