Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, Ribuan Mahasiswa Demo Istana Negara

- 19 Oktober 2020, 15:07 WIB
Ilustrasi istana negara
Ilustrasi istana negara /Indonesia.go.id

GALAMEDIA - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), bakal menggelar aksi demonstrasi untuk mendesak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencabut Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker), Selasa 20 Oktober 2020.

BEM SI menargetkan 5 ribu mahasiswa turun dalam aksi yang diselenggarakan tepat setahun Jokowi menjabat Presiden RI untuk periode kedua.

“Aksi akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB dengan estimasi massa aksi sebanyak 5000 mahasiswa dari seluruh Indonesia,” kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Remy Hastian dalam keterangan resminya Selasa 19 Oktober 2020.

BEM SI beralasan UU Ciptaker tidak berpihak ke rakyat, sehingga mendesak Jokowi mencabut aturan tersebut.

Ilustrasi demo mahasiswa.
Ilustrasi demo mahasiswa. DialektikaKuningan.com/Ade Ardiansyah


BEM SI pun membawa narasi #MosiTidakPercaya kepada pemerintah dalam aksi kali.

“Kami tetap menyampaikan #MosiTidakPercaya kepada pemerintah dan wakil rakyat yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat,” tuturnya.

Dalam keterangan resminya, BEM SI menyayangkan keputusan pemerintah yang menantang masyarakat untuk melakukan judicial review terhadap UU Cipta Kerja ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca Juga: Bandingkan dengan Era Jokowi, Refly Harun: Pemerintahan SBY Jauh Lebih Baik

Di sisi lain, pemerintah bisa mencabut undang-undang tersebut tanpa berbicara narasi ke MK.

“Melakukan judicial review terhadap UU Cipta Kerja bukan merupakan cara yang efektif. Belum lagi berbagai tindakan represif dari aparat kepolisian pada massa aksi yang menolak UU Cipta Kerja serta berbagai upaya penyadapan terhadap para aktivis dan akademisi yang menolak UU Cipta Kerja,” tandasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x