Emil: Jadi Relawan Itu Jangan Sampai Membahas Hal yang Menakutkan Soal Covid-19

- 19 Oktober 2020, 22:00 WIB
/

GALAMEDIA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar pelatihan bagi 3 ribu relawan Covid-19 se-Bandung Raya (Kota Bandung dan Cimahi serta Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan para relawan tersebut mendapat pelatihan tentang protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) hingga ketahanan pangan sebelum turun ke lapangan untuk memberikan edukasi kepada warga.

"Jadi relawan itu jangan sampai membahas hal yang menakutkan soal Covid-19, tapi berikanlah edukasi yang positif agar warga semangat ketika bertemu relawan," ungkap Kang Emil sapaan akrabnya pada Program Pelatihan Relawan Penanggulangan Covid-19 di SMKN 3 Bandung, Jln. Solotongan, Kota Bandung, Senin 19 Oktober 2020.

Baca Juga: Bisa Berdampak Negatif, Pajak Mobil Baru 0 Persen Tak Direstui Sri Mulyani

Menurutnya relawan juga harus bisa menjadi teladan bagi setiap masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan 3M. Bersamaan dengan edukasi kepada warga, pemerintah berupaya melakukan 3T (testing, tracing, treatment) secara masif, cepat, dan tepat.

Dikatakannya, 3 ribu relawan se-Bandung Raya yang mengikuti program pelatihan hingga 9 November 2020 ini akan menyumbangkan tenaga sebagai bentuk bela negara dalam situasi pandemi Covid-19.

"Sebanyak 3 ribu orang di Bandung Raya ini akan bela negara dengan tenaga, menjadi relawan dan akan mendapatkan pelatihan pembekalan sebagai relawan sebelum turun ke lapangan untuk menyosialisasikan penanggulangan Covid-19 serta melakukan aksi nyata untuk mengajak semua orang agar masuk ke dalam semangat kerelawanan," tuturnya.

Baca Juga: Fadli Zon Beberkan Kepentingan Pribadi Prabowo Subianto Kunjungi Amerika Serikat

Pihaknya juga mengapresiasi atas dukungan dari pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan penanggulangan Covid-19 di Jabar.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x