Bupati Sumedang: Ekonomi Masyarakat Harus Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19

- 20 Oktober 2020, 12:22 WIB
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir.
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir. /

GALAMEDIA - Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir berusaha membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Langkah itu salah satunya dilakukan melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Sumedang.

"Masyarakat harus produktif di tengah pandemi Covid-19. Cara yang kami lakukan salah satunya dengan membangkitkan pelaku UMKM yang tersebar di sejumlah tempat di Sumedang. Namun begitu, dalam operasionalnya mereka harus menjalankan protokol kesehatan (prokes) sehingga aman dari Covid-19," katanya, Selasa 20 Oktober 2020.

Menurutnya, mematuhi prokol kesehatan seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun dan menjagaa jarak, mutlak harus dilakukan oleh seluruh masyarakat.

Baca Juga: Pedas!!! Refly Harun Nyatakan Presiden Jokowi Tak Mampu Mengelola Pemerintahan

Karena melalui prilaku itu, penyebaran Covid-19 bisa terkendali dan tuntas. "Prinsipnya masyarakat harus produktif namun aman dari Covid-19. Oleh sebab itu, masyarakat harud disiplin menjalankan prokes Covid-19," tandasnya.

Sementara untuk meningkatkan nilai jual produk UMKM Dony perintahkan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait untuk melakukan pembinaan, termasuk membantu untuk pemasarannya.

Disebut Dony, di Sumedang ada ribuan UMKM, yang terdiri dari perajin olahan makanan dan kerajinan tangan. Produknya sudah luas dikenal publik. Bahkan kualitasnya pun bisa bersaing dengan produk yang dihasilkan dari daerah lain.

Baca Juga: Demo Bakal Berlangsung Besar-besaran? Puluhan Ribu Personil TNI-Polri Siaga

Sekarang tinggal bagaimana meningkatkan daya saing pasar. Diantaranya dengan memperbaiki kemasan, labelisasi serta dibubuhi narasi tentang produk tersebut, sehingga bisa meningkatkan minat konsumen untuk membeli.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x