Delapan Tahun Lumpuh Gara-gara Tersedak Daging, Pria Belanda 'Sembuh Dadakan' Berkat Obat Tidur

- 20 Oktober 2020, 13:32 WIB
Ilustrasi kinerja otak. /pexels- meo-otak

GALAMEDIA - Seorang pria yang akibat cedera otak tidak bisa berjalan dan berbicara selama delapan tahun, sadar sepenuhnya dalam 20 menit setelah minum pil tidur Ambien.

Pria berusia 39 tahun dari Amsterdam, Belanda bernama Richard yang menjadi rujukan kasus dalam jurnal medis Cortex tersebut  didiagnosis menderita mutisme akinetik di usia 29 tahun.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Selasa (20 Oktober 2020) akibat mutisme akinetik Richard  menderita gangguan mental yang langka.

Baca Juga: Marak Demo Penolakan UU Cipta Kerja, Wali Kota Risma: Jaga Kampung Masing-masing

Semua berawal kala ia tersedak sepotong daging yang membuat otaknya kekurangan oksigen seketika hingga kemampuannya melakukan tugas-tugas dasar ikut “hilang”.

Richard hanya mampu menanggapi pertanyaan atau perintah dengan isyarat dari gerakan mata. Secara keseluruhan ia tidak bisa bergerak tanpa bantuan dan harus makan melalui selang.

Namun kemudian dokter memutuskan untuk memberinya Zolpidem yang di Inggris dikenal dengan Stilnoct dan di Amerika dijual dengan nama Ambien  sebagai upaya terakhir.

Baca Juga: Teh Nia: Pengrajin Gerabah Bisa Dijadikan Destinasi Wisata

Upaya dilakukan menyusul laporan dalam penelitian di seluruh dunia yang menyebut pil tidur tersebut memberi  kesembuhan sementara pada pasien kelumpuhan.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X