Prabowo Subianto Temui Menhan Austria, Tentukan Nasib 15 Jet Tempur Eurofighter

- 20 Oktober 2020, 14:39 WIB
Eurofighter Typhoon AU Austria. /flugrevue.de/


GALAMEDIA - Hari ini, Selasa 20 Oktober 2020 pagi waktu setempat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diterima Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner di kantor Kementerian Pertahanan Austria di Wina.

Pertemuan itu akan membahas nasib 15 jet tempur Eurofighter Typhoon milik Pemerintah Austria yang diminati oleh Pemerintah Indonesia.

Salah satu media terkemuka di Wina, Der Standard, melaporkan pertemuan Tanner dan Prabowo akan berlangsung selama satu jam.

Setelah itu, hanya ada siaran pers yang disampaikan Kementerian Pertahanan Austria. Tidak ada sesi foto yang sebagaimana lazimnya pertemuan bilateral.

Baca Juga: Pengepungan Istana Belum Berlangsung, Polisi Langsung Ciduk Belasan Pemuda

Salah satu alasan di balik keputusan itu, menurut seorang sumber di Kementerian Pertahanan Austria, karena Prabowo memiliki peran sentral di militer pada era pemerintahan Presiden Suharto.

Suharto, yang dituding publik Austria sebagai diktator, merupakan eks mertua Prabowo. Prabowo juga diduga terlibat dalam berbagai pelanggaran hak asasi manusia (HAM), sesuatu yang telah dibantah Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya itu berulang kali.

Jelang pertemuan Tanner dan Prabowo, kritikan terus disampaikan sejumlah kalangan. Terbaru, Juru Bicara Partai Hijau David Stogmuller memberikan pernyataan.

Baca Juga: Saat Massa BEM SI Berdemo, Sekelompok Pemuda Tiba-tiba Masuk Rombongan Hingga Bakar Ban

"Harus diklarifikasi apakah tidak ada negara lain yang tertarik dengan Eurofighter," ujarnya seraya menyinggung masalah dugaan pelanggaran HAM yang membelit Prabowo.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X