Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, Pengamat: Dulu Planga-plongo, Sekarang Berani

- 20 Oktober 2020, 14:37 WIB
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. /Instagram.com/@jokowi

GALAMEDIA - Hari ini, 20 Oktober 2020 tepat setahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Periode kedua Jokowi menjabat sebagai presiden disorot oleh Guru Besar Psikologi Politik Universitas Islam Syarif Hidayatullah, Achmad Mubarok.

Achmad menyatakan, di periode kedua ini, Presiden Jokowi lebih memiliki keberanian. Hal itu bisa terlihat dari sejumlah kebijakan yang dikeluarkan.

"Kalau dulu ada yang menyebut planga-plongo, sekarang tunjukkan keberanian," tegas Achmad, Selasa 20 Oktober 2020.

Baca Juga: Kang DS : Perbaikan Rutilahu Harus Menjadi Skala Prioritas

Ia menjelaskan, pada periode kedua, Jokowi dinilai lebih banyak menampilkan sikap keberanian. Menurut pengamatan Achmad, sikap yang ditunjukkan Jokowi sangat berbeda dalam menghadapi berbagai opini publik.

Meski begitu, ujar dia, keberanian yang ditampilkan Jokowi tidak dapat menutupi kelemahan yang dimiliki. Salah satu hal yang paling mencolok, Achmad menilai kelemahan Jokowi tidak benar-benar menguasai permasalahan.

Baca Juga: Taiwan Tak Gentar, Siaga Invasi China Kerahkan DF-17 Rudal Hipersonik Canggih Berhulu Ledak Nuklir

Ia juga menyatakan, eberanian yang dimiliki Jokowi berdampak pada munculnya perlawanan masif. Contohnya seperti yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir, terkait dengan penolakan UU Cipta Kerja.

Hampir di semua daerah, muncul massa yang menolak UU tersebut. Bahkan di Ibu Kota DKI Jakarta, demo berujung kisruh dan polisi pun menangkap sejumlah orang.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x