Bupati Garut : Biaya Medis Satu Orang Pasien Covid 19 Mencapai Rp 90 Juta.

- 21 Oktober 2020, 19:51 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan
Bupati Garut Rudy Gunawan /

GALAMEDIA - Biaya perawatan medis satu orang pasien positif Covid-19 bisa mencapai sebesar Rp 90 juta, dengan perhitungan perhari sebesar Rp 6 juta.
Hingga saat ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Garut mencapai sebanyak 438 orang.

”Satu hari itu 6 juta rupiah, kalau perawatannya itu 15 hari, ya 90 juta rupiah. Tapi bervariasi, kalau hanya 5 hari, ya 30 juta rupiah,” ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, Rabu 21 Oktober 2020.

Namun demikian, diakui Rudy, pihaknya belum tahu soal total klaim biaya perawatan seluruh pasien Covid-19 yang sudah dirawat sejak awal pandemi hingga sekarang.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Istighosah Kubro Jadi Momen Introspeksi dan Mohon Pertolongan kepada Allah SWT

”Klaimnya belum ada, dan untuk klaimnya itu langsung ke pusat, kan ada Permenkesnya,” ucapnya.

Menurut Rudy, pihaknya sudah memanggil para kepala rumah sakit  swasta terkait komitmen untuk menyediakan tempat perawatan bagi pasien positif Covid-19. Sebab sejauh ini para kepala rumah sakit itu baru komitmen secara lisan.
 
”Saya minta supaya ada keseriusan, guyublah. Kalau hanya lisan belum ada surat pernyataan, saya enggak bisa. Ini diperlukan untuk antisipasi, persiapan lah,” katanya.

Baca Juga: Ema: 3M Plus 1T Harus Jadi Budaya Baru

Rudy menyebutkan, perlu persiapan 300 tempat tidur (bed) di luar RSUD dr. Slamet Garut. Sementara, di Klinik Medina, Kecamatan Wanaraja sudah ada 225 bed.

"Jadi tinggal 75 bed lagi kekurangannya,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x