Seorang Relawan Uji Vaksin Covid-19 Meninggal Dunia

- 22 Oktober 2020, 12:44 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /kartika mahayadnya/bisnis.com

GALAMEDIA - Seorang relawan peserta uji klinis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford, meninggal dunia, Rabu, 21 Oktober 2020.

Pernyataan itu disampaikan otoritas kesehatan Brazil, Anvisa. Meski begitu, Anvisa menyatakan uji coba vaksin akan dilanjutkan.

Di sisi lain, Oxford juga membenarkan bahwa ada rencana untuk terus melakukan pengujian. Melalui pernyataan, universitas itu mengatakan bahwa setelah penilaian yang cermat "tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis."

Baca Juga: PDIP Bantah Pemerintah Represif, Buktinya Rocky Gerung Sering Caci Maki Jokowi Tapi Tak Dipenjara

Sejauh ini AstraZeneca belum berkomentar. Namun seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters, bahwa uji klinis mungkin akan ditangguhkan jika relawan yang meninggal itu sebelumnya mendapat vaksin Covid-19.

Sumber itu menggambarkan bahwa relawan tersebut adalah bagian dari kelompok yang diberi suntikan meningitis.

Universitas Federal Sao Paulo, yang membantu mengoordinasikan uji klinis fase 3 di Brazil, mengatakan komite peninjau independen juga merekomendasikan agar uji coba dilanjutkan.

Universitas tersebut sebelumnya memastikan, sukarelawan yang meninggal adalah warga Brazil. Namun mereka memberikan keterangan lebih rinci soal jati diri sang sukarelawan.

Baca Juga: Dirut Pertamina Asli Tasikmalaya Masuk Daftar Perempuan Tangguh Dunia Tahun 2020

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x