PG-TK Darul Hikam 2 Mengenal Aplikasi Candil ke Dispusipda Jabar Memlalui Kunjungan Virtual

- 22 Oktober 2020, 15:20 WIB
/
 

GALAMEDIA - Play Group Taman Kanak-kanak (PG TK) Darul Hikam 2 Rancaekek mengikuti kegiatan launching aplikasi candil (maca dina digital library) melalui virtual yang diluncurkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jabar, Kamis, 22 Okober 2020. Aplikasi ini dapat meningkatkan minat baca anak dan kecintaan anak pada buku bacaan yang berisi edukasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan. 

"Kami berharap aplikasi candil ini, anak akan lebih dekat dengan perpustakaan, selain nantinya anak-anak akan lebih tertarik dan senang untuk berkunjung ke perpustakaan," ungkap Kepala PG TK Darul Hikam 2 Rancaekek Tien Sulastri, M.Pd. kepada Galamedia di ruang kerjanya di Jalan Tulip Raya No. 96 Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek.

Fasilitas aplikasi candil ini, kata Tien, bisa di download melalui store untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi buku bacaan di perpustakaan melalui aplikasi tersebut. 
 
 
"Kebetulan hari ini PGTK Darul Hikam 2 yang pertama melaksanakan  Belajar di Alam (BLA)/kunjungan virtual melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting, yang difasilitasi Dispusipda Provinsi Jabar," ungkapnya. 
 
Tien mengatakan, keunggulan dari program baru yang di lincurkan Dispusipda, Aplikasi Candil ini bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Melalui aplikasi ini, banyak tampilan buku-buku bacaan yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk pembelajaran. 
 
"Di dalam aplikasi berupa lembaran buku digital, bisa membangun literasi anak-anak usia dini melalui e-book. Buku lembaran digital ini akan menarik minat anak untuk membaca sekaligus menambah pengetahuan anak," kata Tien.
 
Ia pun melihat dari tampilan aplikasi tersebut, tak hanya untuk fasilitas belajar anak usia dini dan TK, tapi untuk para siswa SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi juga bisa terfasilitasi. 
 
"Dengan adanya aplikasi ini bisa mendukung pembelajaran virtual,  perpustakaan berupaya untuk  menyesuaikannya dengan kondisi saat ini. Yang jelas dengan adanya aplikasi ini bisa membangun minat baca anak khusus untuk anak usia dini bisa membaca buku-buku cerita, serta sains sederhana" tuturnya. 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x