Wisatawan Libur Panjang Maulid Nabi Muhammad SAW Bakal Jalani Swab Test Berulang-ulang

- 22 Oktober 2020, 22:16 WIB
Ilustrasi tes usap atau swab test. /Pikiran-rakyat.com/Ade Bayu Indra/


GALAMEDIA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta agar warga melakukan tes swab PCR atau rapid test jika hendak berlibur saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28-30 Oktober 2020.

Hak itu jadi salah satu poin dalam Surat Edaran Nomor 440-5876-5J tentang Antisipasi Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Surat itu diterbitkan pada Rabu 21 Oktober 2020.

"Jika pelaksanaan liburan dan cuti bersama dilakukan dengan perjalanan keluar daerah agar dilakukan test PCR atau Rapid test atau menyesuaikan dengan aturan moda transportasi yang berlaku untuk memastikan pelaku perjalanan bebas Covid-19 demi melindungi orang lain termasuk keluarga di perjalanan ataupun orang di tempat yang dikunjungi," tulis Tito dalam salinan suratnya Kamis 22 Oktober 2020.

Mantan Kapolri itu juga meminta warga menaati protokol kesehatan. Ia juga meminta pengelola tempat wisata memastikan tak ada kerumunan dengan membatasi pengunjung maksimal 50 persen.

Setelah berlibur, warga juga diminta mengecek kembali kesehatan mereka serta menjalani kembali tes swab PCR.

Baca Juga: Relawan Jokowi Sebut Ada Menteri Tak Semangat Kerja: Lebih Baik Mundur Atau Segera Dicopot!

"Setelah kembali dari perjalanan luar daerah disarankan kembali melakukan test PCR atau rapid test untuk memastikan bahwa pelaku perjalanan tetap dalam keadaan negatif Covid-19. Jika positif agar segera melaksanakan isolasi mandiri atau karantina di fasilitas yang telah disiapkan pemerintah," ucap Tito.

Dalam surat itu, ia juga mengimbau warga menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Pemda diminta mengantisipasi penyebaran Covid-19 dalam seluruh kegiatan masyarakat di masa libur panjang.

Sementara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta kepala daerah di tingkat Kabupaten/Kota lebih fokus melakukan rapid test kepada warga yang berlibur saat libur panjang akhir Oktober.

Baca Juga: Libur Panjang Cuti Bersama Warga Jakarta Jangan ke Puncak dan Bandung

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X