La Nina Timbulkan Hujan datang Lebih Cepat, Warga Kota Bandung Diminta Waspada

- 23 Oktober 2020, 14:27 WIB
Sebagian kawasan Bumi Panyileukan dilanda banjir akibat hujan deras, Selasa (5/03/2019).
Sebagian kawasan Bumi Panyileukan dilanda banjir akibat hujan deras, Selasa (5/03/2019). /

GALAMEDIA - Warga Kota Bandung diingatkan dan waspada di masa musim hujan saat ini yang diprediksi menimbulkan curah hujan yang tergolong tinggi dibandingkan biasanya. Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Bandung, Jumat, 23 Oktober 2020.

Menurut Yana Mulyana, La Nina yang membuat cuaca hujan datang lebih cepat.

"Dampaknya sudah nyata terasa bagi warga Kota Bandung dengan ditandai hujan yang berkepanjangan. Prediksi BMKG kondisi ini akan berlangsung hingga Maret 2021," kata Yana.

La Nina merupakan anomali sistem iklim global yang terjadi dengan periode ulang berkisar antara dua atau tujuh tahun sekali di Samudra Pasifik.

Baca Juga: Ridwan Kamil Larang PNS Jabar Banyak Menabung: Saya Perintahkan ASN Segera Belanja!

Hal itu membuat atmosfer, langit di atasnya berubah dari keadaan netral (normal) yang minimal berlangsung selama dua bulan.

Oleh karena itu, Yana menyatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah antisipasi bencana. Di antaranya pembangunan berbagai infrastruktur pengendali banjir seperti kolam retensi, sumur resapan, drumpori, dan upaya pencegahan lainnya.

“Namun, semua itu tidaklah berarti jika tidak ada kolaborasi, sinergi, dan partisipasi dari setiap elemen masyarakat," katanya.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Frozen Food yang Wajib Dikethui, Jangan Gagal Paham Ya

Dia juga mengingatkan, dengan karakter Kota Bandung yang merupakan cekungan akan sangat rawan dengan curah hujan yang terjadi di wilayah hulu.

“Oleh karena itu, kita pastikan petugas selalu siap. Konsentrasi kita sebetulnya ada di wilayah yang harus siap siaga dengan mitigasi bencana,” kata Yana.***

Baca Juga: Ridwan Kamil Terpilih sebagai Pemimpin Inspirasi

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x