Hari Dokter Nasional, Begini Pesan Penting Para Dokter untuk Masyarakat dan Pemerintah

- 24 Oktober 2020, 10:36 WIB
Hari Dokter Nasional 24 Oktober, para dokter memberikan pesan penting untuk masyarakat dan pemerintah.
Hari Dokter Nasional 24 Oktober, para dokter memberikan pesan penting untuk masyarakat dan pemerintah. /pixabay

GALAMEDIA - Hari ini, 24 Oktober 2020, bertepatan dengan peringatan Hari Dokter Nasional. Para tenaga kesehatan pun memberikan pesan penting kepada masyarakat dan pemerintah.

Hal yang paling ditekankan di masa pandemi seperti sekarang, yakni penerapan protokol kesehatan. Mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Satu hal lagi, jangan lupa menjaga kesehatan kulit.

Dokter Siti Rosidah bersama dua koleganya Fransisca Y. dan Reci Maulita yang tergabung dalam tim Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Tanjung Priok meminta masyarakat tidak menganggap sepele penyakit yang tergolong baru di dunia itu.

Baca Juga: Ada Kabar Kurang Sedap dari Istana Soal Vaksin Covid-19, Jokowi Langsung Menelpon Luhut

"Covid-19 itu nyata jangan dianggap sepele, masyarakat tetap harus patuhi protokol 3M dan stay at home," tutur mereka, dikutip dari Antara, Sabtu 24 Oktober 2020.

Saat ini banyak informasi yang beredar mengenai Covid-19 di berbagai media, termasuk media sosial. Para dokter berharap masyarakat bisa mencari informasi dari sumber yang valid dan bersikap kritis sehingga tak mudah percaya isu salah atau hoaks yang beredar.

Dokter spesialis paru di RSUP Persahabatan, Erlina Burhan pernah mengatakan, hoaks sendiri menjadi salah satu masalah di tengah penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Menurut dia, informasi media sosial separuhnya berisi hoaks, salah satunya mengenai risiko tertular Covid-19 di rumah sakit.

Baca Juga: Ini Organ Tubuh yang Wajib Dibasuh Saat Mandi Junub, Jangan Sampai Mandinya Tidak Sah

Informasi yang salah ini membuat orang takut dan tidak mau datang ke rumah sakit karena takut tertular Covid-19. Padahal menolak pengobatan bisa berdampak buruk pada mereka yang sudah mempunyai penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan lainnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x