Lewat Video Konferen Ini yang Dikatakan Presiden Joko Widodo pada Peringatan HUT IDI

- 24 Oktober 2020, 17:16 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /Biro Pers Sekretariat Presiden

GALAMEDIA - Peingati HUT Ikatan Dokter Indonsia (IDI), Presiden Joko Widodo mengatakan pandemi Covid-19 dapat menjadi momentum bagi penguatan ketahanan kesehatan dan kapasitas pelayanan kesehatan nasional.

“Pandemi ini memberi banyak pelajaran kepada kita. Semakin kita tahu kelemahan-kelemahan yang harus segera kita perbaiki," kata Presiden pada peringatan HUT IDI lewat video konferen yang ditayangkan Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu 24 Oktober 2020.

Presiden mengatakan situasi sulit karena pandemi Covid-19 ini dapat digunakan sebagai momentum untuk transformasi dalam reformasi sistem kesehatan di Tanah Air.

Reformasi tersebut, di antaranya dapat dimulai dari sisi pencegahan. Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat menjadi prioritas utama yang membutuhkan dukungan dari sektor non-kesehatan. Kemudian juga membutuhkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat, serta dukungan dari organisasi sosial keagamaan.

Baca Juga: PT Leuwitex Segera Ekspor Masker 4-Ply Mendapat Apresiasi Wamendag

Selain itu, penguatan kapasitas sumber daya manusia kesehatan, pengembangan rumah sakit dan balai-balai kesehatan, serta industri obat-obatan dan alat-alat kesehatan di Tanah Air juga terus dilakukan. Presiden mengatakan selama pandemi ini misalnya, telah banyak inovasi yang dikembangkan oleh para peneliti dan inovator di dalam negeri.

"Rapid diagnostic test, emergency ventilator, mobile lab biosafety yang dilengkapi dengan PCR, penggunaan artificial intelligence untuk penegakan diagnosis COVID-19, dan aplikasi Covid Track untuk membantu dokter memantau mobilitas pasien, serta kita mempercepat clinical trial dan produksi massal Vaksin Merah Putih," jelas Presiden.

Presiden mengatakan cara-cara luar biasa memang harus dilakukan untuk menangani berbagai persoalan terkait kesehatan masyarakat, mulai dari penyakit menular, penyakit tidak menular, hingga prioritas pada penurunan angka stunting di Tanah Air.

Baca Juga: Pemerintah Hapus PSC, Ini yang Ditunggu-tunggu Industri Penerbangan Nasional

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x