Prodi Seni Rupa Murni FRSD-UKM Beri Pelatihan Batik Ramah Lingkungan

- 24 Oktober 2020, 17:23 WIB
/

GALAMEDIA - Program Studi Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha (FRSD-UKM) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Sabtu 24 Oktober 2020. Pengabdian masyarakat kali ini diadakan atas permintaan Pengawas Sekolah Maleo Tangerang, Tuty Subiyanto.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar melalui forum virtual diisi pelatihan batik dengan media ramah lingkungan. Pelatihan diikuti 108 peserta dari berbagai elemen masyarakat.

Pengabdian masyarakat kali ini diketuai Ariesa Pandanwangi yang merangkap sebagai trainer. Ariesa dibantu Ismet Zaenal Effendi, Belinda Sukapura Dewi, Wawan Suryana, MA Rahim, dan Erika Ernawan serta melibatkan mahasiswa yaitu Sophia Himatul Alya.

Baca Juga: Lewat Video Konferen Ini yang Dikatakan Presiden Joko Widodo pada Peringatan HUT IDI

Dalam sambutannya, Tuty Subiyanto menyampaikan, pengabdian masyarakat kali ini merupakan kegiatan positif yang melibatkan banyak pihak dan diharapkan dapat berkelanjutan serta dilakukan pembinaan bersama komunitas-komunitas yang berada di Tanggerang.

Sementara Ketua Prodi Seni Rupa Murni, Ismet Zainal Effendi menyampaikan, pengabdian masyarakat seperti ini sudah secara reguler dilaksanakan berdasarkan permintaan dari masyarakat. Dengan demikian, katanya, apa yang dilaksanakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Ariesa menyampaikan materi pembuatan batik dengan material ramah lingkungan. Ia menjelaskan, materi batik ramah lingkungan ini tidak menggunakan kompor dan canting sehingga dari anak-anak hingga orang dewasa dapat mempraktikannya. Selain itu dijelaskan juga proses finishing dengan menggunakan berbagai kain dan jenis pewarna yang dibutuhkan.

Baca Juga: PT Leuwitex Segera Ekspor Masker 4-Ply Mendapat Apresiasi Wamendag

Selain edukasi tentang batik ramah lingkungan, Ariesa juga memberikan demo cara pengolahan material hingga mempraktikan beberapa teknik pemakaiannya.

Antusiasme peserta tampak dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan.***

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x