Heboh Jajaki Eurofighter, Ternyata Prabowo Belanja Alutsista dari Negara Turki

- 25 Oktober 2020, 06:35 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. /RRI

GALAMEDIA - Kunjungan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke sejumlah negara akhir-akhir ini masih menyimpan rahasia. Tidak banyak publik yang tahu apa yang dilakukan Prabowo di negara-negara tersebut.

Setelah berkunjung ke Amerika Serikat (AS), Austria, dan Perancis, Prabowo masih sempat mampir ke Turki, bertemu Menhan Turki Hulusi Akar di Ankara, Jumat 23 Oktober 2020, seperti dilaporkan media Anadolu Agency.

Namun di tengah kunjungan itu, muncul kabar soal realisasi pembelian alutsista Indonesia ke Turki.

Media lokal yang berbasis di Turki Daily Sabah pada Jumat malam, menyebut soal alutsista kapal selam yang diterima Indonesia dari Turki.

Baca Juga: Manchester United Sulit Bobol Gawang Edouard Mendy

TNI AL dilaporkan mendapatkan alutsista fase pertama sistem anti terpedo kapal selam, mencakup sistem pengacau dan alat umpan torpedo produksi Turki.

Alat dan sistem ini akan disematkan pada kapal selam Nagapasa Tipe 209/1400. Kapal selam ini merupakan satu dari 3 kapal selam racikan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korsel.

Sementara itu laporan Janes,  mengungkap sistem pengacau dan alat umpan torpedo buatan pabrik pertahanan Aselsan Turki tiba di Indonesia Kamis 22 Oktober 2020). Sistem anti terpedo ini merupakan bagian dari ZOKA, dikembangkan oleh Aselsan.

Baca Juga: Demi Sang Ibu, Khabib Nurmagomedov Nyatakan Pensiun dari UFC

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X