Banjir Menerjang Kabupaten Bandung, Daerah Ciparay Terendam Air Setinggi 50 Cm

- 25 Oktober 2020, 12:42 WIB
Dokumen - Banjir di Kabupaten Bandung. (ANTARA/Ajat Sudrajat)
Dokumen - Banjir di Kabupaten Bandung. (ANTARA/Ajat Sudrajat) /

GALAMEDIA - Hujan terus menerus yang mengguyur Bandung Raya membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung mulai terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan, tiga dusun di Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung terendam banjir akibat diguyur hujan pada Sabtu 24 Oktober 2020 sore hingga malam.

Baca Juga: Filipina Diterjang Badai Malove, Ribuan Warga Terpaksa Dievakuasi

"Banjir yang terjadi di tiga dusun tersebut dikarenakan hujan dengan intensitas deras yang cukup lama," terang Manajer Pusdalops PB BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu di Bandung, Minggu, 25 Oktober 2020.

"Selain itu karena kurangnya serapan di atas Gunung Segingga sehingga air masuk ke irigasi membawa lumpur ke pemukiman warga," tambah dia.

Ketiga dusun yang terdampak banjir ialah Dusun Cinangka, Dusun Cikopo dan Dusun Karasak. Selain itu, lanjut Budi, drainase yang tersumbat oleh sampah pohon dan sedimentasi di saluran irigasi sekunder menjadi penyebab banjir di tiga dusun tersebut.

Baca Juga: Anies Baswedan Memutuskan Memperpanjang Masa PSBB Transisi

Ia menuturkan ketinggian air yang masuk ke permukiman warga pada saat kejadian mencapai 50 cm dan lumpur 40 cm dan jumlah warga terdampak banjir tersebut berjumlah sekitar 152 kepala keluarga atau sebanyak 462 jiwa.

BPBD Jabar, lanjut Budi, juga telah melakukan upaya penanganan dengan cara memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung agar segera melakukan tindakan di lokasi banjir.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x