Emmanuel Macron Singgung Islam: Erdogan Murka, Produk Prancis Diboikot Hingga di Timur Tengah

- 25 Oktober 2020, 13:29 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. /Time


GALAMEDIA - Pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron menggambarkan Islam sebagai 'agama dalam krisis di seluruh dunia', membuat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan 'murka'.

Dikutip dari Anadoluagency, pada mulanya Erdogan menyatakan kecamannya pada penggerebekan yang di sebuah masjid di Jerman oleh ratusan petugas polisi.  

Menurutnya hal tersebut tidak dapat dibenarkan karena alasan keamanan atau alasan lainnya. Menurut pandangannya ini adalah bentuk Islampofobia.

"Sebagai Muslim, apakah kita pernah melakukan hal yang sama? Kami tidak melakukannya, kami tidak akan melakukannya. Kita telah melihat fatalitas fanatik dan fasis coba diterapkan pada dunia sebagai "Nilai-nilai Uni Eropa"," paparnya sebagaiman dikutip, Ahad (25 Oktober 2020).

Baca Juga: Brutal, Aksi Unjuk Rasa di Nigeria Tewaskan 69 Orang Demonstran

Erdogan menegaskan ini menjadi bentuk kemunafikan, dengan melalukan serangan kepada hak-hak umat Islam yang kini menjadi warga negaranya. Dia menyebut jika sebenarnya negara-negara Eropa sedang menuju akhir dari mereka sendiri dengan melakukan perang terbuka.

"Mereka harus menyingkirkan penyakit Islamofobia di dalam tubuh mereka. Jika tidak, penyakit ini akan menghancurkan seluruh Eropa, dari Perancis hingga Jerman," tegasnya.

Di saat yang sama, Erdogan juga mempertanyakan sebenarnya apa yang menjadi masalah Marcon dengan Islam. Termasuk serta apa masalahnya dengan muslim.

Erdogan menyidir jika Marcon membutuhkan perawatan mental. "Dia butuh perawatan mental. Apalagi yang bisa kita katakan kepada seorang presiden yang tidak memahami kebebesan berkeyakinan," katanya.

Baca Juga: Anies Baswedan Memutuskan Memperpanjang Masa PSBB Transisi

"Dan berperilaku seperti itu terhadap jutaan warga yang memeluk agama di negaranya sendiri? Pertama-tama lakukan pemeriksaan mental. Bermain-main dengan Erdogan tidak akan memberi anda apapun," sindirnya.

Ini menjadi babak baru kecaman ke Macron akibat kisruh majalah satire Prancis, Charlie Hebdo, yang menerbitkan ulang kartun Nabi Muhammad September lalu. Ini berbuntut pada tewasnya seorang guru di Conflans-Sainte-Honorin.

Setelah insiden itu Macron berpendapat bahwa 'dibunuh karena para umat muslim menginginkan masa depan kita'. Sejak itu Macron mendapat kritik dari berbagai pihak, seperti presiden dan kementerian.

Baca Juga: Hari Ini! Shopee Gajian Sale Hadirkan Gratis Ongkir, Cashback 100%, dan Flash Sale 60RB!

Di Timur Tengah ajakan boikot Macron juga menggema di antaranya di Kuwait dan Qatar. Bukan hanya sang presiden, boikot juga dilakukan untuk semua produk Prancis.

AFP menyebut sejumlah pekerja jaringan supermarket Al Meera mengeluarkan selai St. Dalfour buatan Prancis dari rak.  Melalui pernyataan, Al Meera dan operator grosir lainnya, Souq Al Baladi, mengatakan menarik produk Prancis dari toko sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Al Meera sendiri bersaing dengan supermarket Prancis yang ada di Qatar, Monoprix dan Carrefour.

Sementara itu Prancis mengatakan menarik duta besarnya untuk Turki guna melakukan konsultasi. Putusan ini diambil setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan koleganya dari Prancis Presiden Emmanuel Macron memerlukan pemeriksaan mental. Prancis mengutuk pernyataan itu dan menyebutnya tidak dapat diterima.

Baca Juga: Menteri Berinisial P Diusulkan Relawan Jokowi untuk Dicopot dari Jabatannya

Dalam langkah yang sangat tidak biasa, seorang pejabat kepresidenan Prancis mengatakan bahwa duta besar Prancis untuk Turki dipanggil kembali dari Ankara untuk berkonsultasi dan akan bertemu Macron untuk membahas situasi setelah pernyataan Erdogan.

"Komentar Presiden Erdogan tidak dapat diterima. Perbuatan yang keterlaluan dan kekasaran bukanlah metode. Kami menuntut agar Erdogan mengubah arah kebijakannya karena berbahaya dalam segala hal," kata pejabat itu seperti dilansir dari AFP, Ahad ini.

Pejabat yang meminta untuk tidak disebutkan namanya itu juga mengatakan bahwa Prancis telah mencatat tidak adanya pesan belasungkawa dan dukungan dari presiden Turki setelah pemenggalan kepala guru Samuel Paty yang terjadi di luar Paris.

Baca Juga: Kekayaan Panglima TNI: Mobil Terbarunya Honda CRV 2019

Pejabat itu juga menyatakan keprihatinan atas seruan oleh Ankara untuk memboikot barang-barang Prancis.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x