Ternyata Berada di Sabuk Emas Dunia, Beraset Triliunan Taman di Skotlandia pun Disulap Jadi Tambang

- 26 Oktober 2020, 15:10 WIB
galamedianews.com
galamedianews.com /galamedianews.com

GALAMEDIA - Diketahui memiliki cadangan emas yang diperkirakan senilai £255 juta atau sekitar Rp 4,8 triliun, sebuah taman nasional di Skotlandia disulap menjadi tambang.  

Taman yang kini bernama Tambang Cononish dengan lokasi tak jauh dari  Tyndrum di Loch Lomond dan Taman Nasional Trossachs itu akan mulai berproduksi sebelum akhir November.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Senin (26 Oktober 2020) pembukaan tambang emas pertama di Skotlandia itu akan menjadi lahan pekerjaan bagi warga lokal dan diharapkan mengawali serangkaian situs tambang lain di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Umat Kristiani Kutuk Presiden Emmanuel Macron, Hina Islam dan Nabi Muhammad

Perusahaan di balik proyek perdana tersebut, Scotgold Resources menargetkan produksi rata-rata 23.500 troy ons emas per tahun. Pihak perusahaan yakin dapat menggali lebih dari 176.000 ons total atau senilai Rp 4,8 triliun saat ini.

Sekitar 25 persen emas akan dihasilkan dalam bentuk yang layak untuk dijual langsung ke toko perhiasan dan dilabeli emas asli Skotlandia.

Jewelers Sheila Fleet dan Hamilton and Inches telah siap untuk membeli produksi tahun pertama. Sedikitnya 20 peminat tertarik  membeli emas  yang akan memiliki cap khusus tambang Scotgold.

Baca Juga: Polsek Pataruman Gencar Disiplinkan Warga Soal Protokol Kesehatan

Richard Grey, kepala eksekutif Scotgold mengatatakan, "Kami yakin ada banyak emas yang bisa ditemukan di Skotlandia, kami ingin terus menjelajah dan begitu juga yang lain."

Meskipun banyak yang telah mendulang emas di sungai-sungai Skotlandia, ini akan menjadi tambang emas pertama dan satu-satunya tambang emas komersial yang berfungsi di Inggris.

Lokasinya terletak di sabuk geologis yang mengandung emas dan membentang dari Skandinavia ke Kanada, melintasi Skotlandia dan Irlandia Utara. Emas ditemukan di daerah itu pada 1980-an tetapi produksi melambat setelah harga emas anjlok.

Baca Juga: Proses Uji Materi UU Cipta Kerja, MUI Minta Mahkamah Konstitusi Buktikan Independensinya

Scotgold mengambil alih proyek tersebut pada tahun 2007 tetapi gagal mendapatkan cukup uang untuk menjalankannya.

Tetapi sejak mendapatkan izin perencanaan pada tahun 2018, perusahaan mendapat dukungan moral dari pemerintah Skotlandia dan dijanjikan hibah hingga £ 430.000 atau Rp 8,2 miliar untuk penciptaan lapangan kerja. Proyek ini juga mendapat dukungan luar biasa dari warga Tyndrum dan Crianlarich.

Baca Juga: Mengerikan! Eks Kepala Intelijen Jerman Ungkap Negara China Nyaris Mendominasi Dunia

Tambang dan pabrik pengolahan dirancang dengan dampak minimal pada taman nasional yang merupakan rumah bagi rusa merah dan memiliki beberapa hutan ek yang terawat terbaik di Skotlandia.

Situs  akan menggunakan mesin yang dioperasikan manual untuk mengekstraksi batu, jadi tidak ada penggalian dinding oleh manusia. Tambang akan diakses melalui terowongan yang dibangun melintasi bukit Beinn Chuirn.

Baca Juga: Korupsi Anggaran Pengadaan RTH, Ini Vonis untuk Dua Mantan Anggota DPRD Kota Bandung

Tambang akan menciptakan lebih dari 60 pekerjaan di puncak produksi yang diharapkan pada tahun 2022.

Gray yang mengawasi proyek Cononish sejak 2014 mengatakan, “Daerah ini didominasi perdagangan dan turis hingga banyak pekerjaan bersifat musiman. Sedangkan tambang adalah tempat Tuhan meletakkan emas.”

Gray menambahkan tambang akan mengundang lebih banyak investor ritel. Scotgold bernilai sekitar £ 65 juta atau Rp 1,2 triliun. Tambang dapat menghasilkan pendapatan hingga £ 100 juta atau Rp 1,9 triliun.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x