Untuk Hadapi China, Amerika Serikat dan India Harus Kerjasama

- 27 Oktober 2020, 18:22 WIB
Ilustrasi bendera China.*/(shutterstock)
Ilustrasi bendera China.*/(shutterstock) /

GALAMEDIA - Untuk menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh China terhadap keamanan dan kebebasan, Amerika Serikat dan India harus bekerja sama.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo kini bersiap melakukan pembicaraan dengan para pejabat tinggi India.

Pompeo tiba di New Delhi, Senin 26 Oktober 2020 bersama Menteri Pertahanan Mark Esper untuk menghadiri dialog strategis tahunan AS-India saat ketegangan meningkat di kawasan itu, yang diwarnai pertempuran antara tentara India dan China di perbatasan Himalaya yang disengketakan.

Baca Juga: Peneliti Diskusikan Inovasi Batik Tamarin

"Hari ini adalah kesempatan baru bagi dua negara demokrasi besar seperti kita untuk tumbuh lebih dekat," kata Pompeo sebelum pertemuan dengan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dan Menteri Pertahanan Rajnath Singh, Selasa, 27 Oktober 2020.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Banyak yang harus kami diskusikan hari ini: Kerja sama kami dalam pandemi yang berasal dari Wuhan, untuk menghadapi ancaman Partai Komunis China terhadap keamanan dan kebebasan, untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan," tambahnya seperti dilansirkan Antara.

Presiden AS Donald Trump telah menjadikan sikap keras terhadap China sebagai bagian penting dari kampanyenya untuk mengamankan masa jabatan kedua dalam pemilihan presiden minggu depan. Seiring dengan itu, Pompeo telah berusaha untuk mendukung negara-negara sekutu AS ntuk melawan pengaruh China yang tumbuh di wilayah tersebut.

Baca Juga: Tertarik Saat Melihatnya Mengambil Bola, Siswa Kelas Satu SD Gagahi Bocah Perempuan Lima Tahun

India memiliki masalah sendiri dengan China karena 20 tentaranya tewas dalam bentrokan dengan pasukan China di wilayah perbatasan Himalaya pada Juni.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x