Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Salurkan Bansos Pemprov Jabar Tahap Ketiga di Garut

- 27 Oktober 2020, 22:25 WIB


GALAMEDIA- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemrov Jabar) distribusikan bantuan sosial (Bansos) tahap ketiga untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan secara langsung dilepas oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Kantor Pos Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa 27 Oktober 2020.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bansos tahap ketiga ini disalurkan kepada sekitar 2 juta warga di Jawa Barat. Sementara untuk di Kabupaten Garut, total ada sekitar 100 ribu warga yang mendapat bansos dari Pemprov Jabar tersebut. Bantuan berupa uang tunai itu akan didistribusikan melalui komunitas ojek online dan petugas pos.

"Bansos ini disalurkan agar kehidupan warga Jabar dapat lebih baik di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Baca Juga: Menaker Terbitkan Surat Edaran Penetapan Upah Minimum 2021

Emil mengatakan, bansos selama pandemi Covid-19 ini tak hanya berasal dari Pemrov Jabar saja, namun setidaknya terdapat tiga sumber penyaluran bansos kepada masyarakat, yaitu dari pemerintah kabupaten/kota, pemprov, dan pemerintah pusat.

Namun, terang Emil, bansos itu disalurkan secara terpisah, sehingga masyarakat yang menerimanya tepat sasaran. Karena itu, ia pun meminta masyarakat tak perlu dibeda-bedakan dalam pemberian bansos

"Jadi enggak usah dipilah-pilih, semuanya kan sama dari pemerintah," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Dituding Tak Memihak Buruh Gara-gara Tak Menaikkan Upah Minimum 2021

Emil menyebutkan, bansos dari Pemprov Jabar akan disalurkan hingga tahap keempat. Diperkirakan, bansos tahap keempat itu akan disalurkan pada November atau Desember 2020 mendatang. Dan setelahnya, tak akan ada bansos lagi untuk masyarakat. 

Emil menuturkan, penyaluran bansos itu hanya untuk keadaan darurat. Sementara saat ini, perputaran ekonomi di wilayah Jabar sudah mulai pulih dengan presentase 60 persen. Ia memprediksi, ekonomi akan terus meningkat pada akhir tahun.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X