Charlie Hebdo Kembali Berulah, Terbitkan Erdogan Genggam Bir dan Singkap Rok Wanita Berjilbab

- 28 Oktober 2020, 09:10 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. /



GALAMEDIA - Usai menghina Islam dengan menampilkan kartun Nabi Muhammad SAW, salah satu media satire Prancis Charlie Hebdo kembali berulah. Kali ini menerbitkan cover terbaru yang menampilkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di halaman depannya.

Gambar Kartun tersebut tak kalah kontroversial, karena menampilkan sosok mirip Erdogan berperilaku cabul.

Di Twitter, kartun itu diterbitkan pagi dini hari, Rabu 28 Oktober 2020. Karikatur itu menggambarkan kartun Erdogan menggenggam bir dan mengangkat rok seorang wanita berjilbab.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda Diwarnai Aksi Demo: Kumandangkan Sumpah Buruh

Seperti diketahui, bagi umat Islam bir merupakan salah satu minuman yang diharamkan. Sementara kaum perempuan di Islam pun dimulyakan dengan menutup aurat dengan hijab. Sementara gambar kartun tersebut mengekspos bagian terlarang perempuan berhijab.

Sebelumnya Erdogan paling keras menyuarakan tentangan ke sikap Presiden Prancis Emmanule Macron. Ia menyebut Macron butuh perawatan mental karena mendukung Islamophobia.

Ia juga mengatakan umat Islam kini diperlakukan seperti Yahudi saat Perang Dunia II. Termasuk menyerukan warga Turki jangan membeli produk Prancis.

Baca Juga: Soal Tanggal Kepulangan Habib Rizieq Shihab, Begini Kepastiannya

Erdogan pun menggugat seorang anggota parlemen Belanda, Geert Wilders, setelah politisi sayap kanan itu mengunggah serangkaian cuitan yang salah satunya menggambarkan Erdogan sebagai "teroris".

Kantor berita Turki, Anadolu Agency mengatakan kuasa hukum Erdogan pada Selasa 27 Oktober 2020 mendaftarkan pengaduan pidana terhadap Wilders di kantor Kepala Kejaksaan Ankara karena "penghinaan terhadap presiden".

Penghinaan presiden dianggap sebagai kejahatan di Turki dan dapat dihukum hingga empat tahun penjara.

Baca Juga: Gempa 2 Kali Guncang Sulbar, BMKG Lihatkan Atap Bangunan Roboh, Dinding Rusak, dan Sisa Reruntuhan

Dilansir Associated Press, Wilders mengunggah karikatur yang menggambarkan Erdogan mengenakan topi mirip bom di kepalanya dan menyematkan komentar "teroris".

Setelah itu, Wilders pun mencuit ulang kartun Erdogan "cabul" tersebut.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x