Jokowi Ingin Jadikan AS Sebagai Sahabat Sejati, Pompeo Dekati Grass Root di Indonesia

- 29 Oktober 2020, 13:05 WIB
Presiden Jokowi saat berbicang dengan Menhan AS Mike Pompeo.
Presiden Jokowi saat berbicang dengan Menhan AS Mike Pompeo. /Setpres RI/

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo ke Indonesia menunjukkan betapa pentingnya hubungan RI-AS selama masa pandemi virus corona (covid-19).

"Saling kunjung antara pejabat kita cukup intensif bahkan dapat saya sampaikan paling intensif," kata Jokowi dalam cuplikan video yang diunggah Sekretariat Presiden di YouTube, Kamis 29 Oktober 2020.

Presiden Jokowi diketahui menyambut kedatangan Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis 29 Oktober 2020 pagi.

Mike Pompeo datang menggunakan setelan hitam dengan dasi biru dan juga masker bercorak bendera AS beserta 50 bintang.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengenakan setelan abu-abu dengan masker hitam.

Jokowi langsung mengajak Pompeo menuju balkon Istana Bogor sambil berbincang-bincang. Jokowi dan Pompeo juga sempat melambaikan tangan ke kamera.

Presiden Jokowi didampingi Menlu RI Retno Marsudi berdiskusi dengan rombongan Menlu AS Mike Pompeo.
Presiden Jokowi didampingi Menlu RI Retno Marsudi berdiskusi dengan rombongan Menlu AS Mike Pompeo.

Baca Juga: Sebut Pembakar Halte Thamrin Tak Ditahan, Andi Arief: Pembakar Semangat Malah Diborgol

Setelah itu, Jokowi beserta Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi tampak berdiskusi dengan Pompeo di Istana Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Menlu RI Retno Marsudi mengatakan intensitas saling kunjung antara pejabat Indonesia dan Amerika Serikat menunjukkan komitmen kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral.

Menteri Retno juga menyatakan Presiden Jokowi menginginkan AS sebagai true friend of Indonesia atau teman sejati.

"Di dalam pertemuan tadi Presiden mengatakan bahwa kita bermitra dengan baik, kita berteman dengan baik. Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia. Tetapi hal ini tidak bisa take it for granted semuanya harus dipelihara," kata Retno dalam keterangan pers usai pertemuan.

Baca Juga: Oktober 2020 Sebanyak 206 Perusahaan Pinjaman Online Diblokir, Simak Daftarnya Ini

Retno mengatakan Presiden Jokowi dan Pompeo ingin memperkuat kerja sama ekonomi dan pertahanan.

Sementara itu, Mike Pompeo juga menyatakan tak hanya ingin menjalin hubungan baik pada tingkat pemerintah tapi juga menjalin komunikasi dengan grass root atau akar rumput. Pompeo direncanakan akan menghadiri acara GP Ansor.

"Mike pompeo mengatakan bahwa ingin tidak saja menjalin hubungan baik pada tingkat pemerintah tetapi juga menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan grass root dengan stakeholder di Indonesia. Oleh karena itu Mike Pompeo akan hadir di suatu acara GP Ansor," ungkap Retno.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x